Lihat ke Halaman Asli

Rhizanthes Deceptor, Apaan Sih?

Diperbarui: 25 Mei 2016   15:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak yang bertanya ketika photo ini saya publish ke internet (facebook, blog, & web), ini bunga apa sih ???

Saya beruntung sekali menjumpai bunga ini mekar bersama Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) pada Ekspedisi Rafflesia bulan Maret 2012 lalu ke Hutan Lindung Bukit Daun Tebat Monok Kab. Kepahiang Prop. Bengkulu dengan ditemani Pak Holidin warga setempat yang menemukan bunga pertama kali di lokasi ini. Bunga ini sungguh unik, dan tulisan ini mungkin sedikit dapat memberikan informasi kepada kita semua.

Rhizanthes deceptor adalah spesies parasit tanaman berbunga tanpa daun, batang, akar, atau fotosintesis jaringan. Mereka tumbuh pada akar Tetrastigma (sejenis anggur-angguran). Bunga ini dapat ditemukan di hutan tropis Sumatera di 500-700 m. Bunganya berwarna putih, dengan warna merah-coklat tips, dan diameter 15-27 cm.

Rhizanthes di hutan Bengkulu dapat di jumpai di  Hutan Lindung Bukit Daun Tebat Monok Kepahiang. Menurut Heywood (1978) Rhizanthes merupakan tumbuhan tingkat tinggi yang satu famili dengan Rafflesia. Mengingat jenis Rhizanthes ini tidak semenarik dan sepopuler Rafflesia, namun karena bentuk dan habitatnya sama serta jumlah dan penyebarannya terbatas, maka jenis ini pun perlu dipelajari. Keunikan dari jenis ini bila dibandingkan dengan anggota marga Rafflesia lainnya adalah ukuran lebih kecil, bentuk dan jumlahnya serta ukuran cuping perigonnya berbeda dengan Rafflesia (Astuti, Yuzami, D.M Puspitaning Tyas, 2001).

Menurut Banziger dan Bertel (2000), di Sumatera terdapat dua jenis Rhizanthes yaitu Rhizanthes infanticida dan Rhizanthes deceptor. Sedangkan Susatya (2003) menyatakan terdapatnya Rhizanthes lowii pada kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat Resort Katenong yang merupakan salah satu kawasan di Sumatera. Hal ini berarti di daerah Sumatera telah ditemukan 3 jenis Rhizanthes. Rhizanthes infanticida, sumber photo : internet

Beruntung Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu menjumpai kembali bunga Rhizanthes deceptor mekar ketika ekspedisi ke Tebat Monok Kepahiang, semoga jenis lain dari bunga ini (Rhizanthes infanticida dan Rhizanthes lowii ) dapat juga di jumpai. Rhizanthes lowii , sumber photo : internet

Penebangan hutan yang merupakan habitat liana Tetrastigma telah membuat keberadaan Rhinzanthes dan Rafflesia di ambang kepunahan. Rhizanthes masuk dalam daftar CITES (Convention on International Trade in Endengered Species of Wild Flora and Fauna). Jadi kita harus lestarikan tanaman langka ini dan kita lindungi mereka dari ancaman kepunahan.

Mau lihat bunga Rhizanthes langsung di habitat aslinya, ikuti ekspedisi Komunitas Peduli Puspa langka berikutnya ke Hutan Lindung Bukit Daun Tebat Monok Kepahiang. Salam Lestari ! (Sofian Rafflesia)

Rhizanthes deceptor,Scientific classification Kingdom: Plantae (unranked): Angiosperms (unranked): Eudicots (unranked): Rosids Order: Malpighiales Family: Rafflesiaceae Genus: Rhizanthes Species: R. deceptor Binomial name Rhizanthes deceptorBänziger, B.Hansen Referensi : 1. KARAKTERISASI MORFOLOGI GENUS Rhizanthes Dumort. DI SUMATERA BARAT, SKRIPSI SARJANA BIOLOGI Oleh: ROSE ANDHINA 2. Rhizanthes deceptor - Wikipedia, the free encyclopedia en.wikipedia.org/wiki/Rhizanthes_deceptor 3. http://www.artiirhamna.com/2008/07/rhizanthes-jamur.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline