Lihat ke Halaman Asli

sofi afifah

Mahasiswa

Analsis SWOT dan Analisis Industri

Diperbarui: 16 April 2020   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

apa kaliantau apa itu Analsis SWOT? yaitu singkatan dari 

Strength (S) atau kekuatan. Komponen ini merupakan karakteristik dari suatu perusahaan maupun organisasi yang dapat memberikan keuntungan atau kelebihan dibandingkan dengan yang lainnya.

Weakness (W) atau kelemahan. Komponen ini merupakan karakteristik yang berhubungan dengan kelemahan yang ada pada perusahaan maupun organisasi dibandingkan dengan yang lainnya.

Opportunities (O) atau peluang. Komponen ini merupakan peluang-peluang apa saja yang dapat di manfaatkan untuk organisasi maupun perusahaan Anda agar bisa berkembang di kemudian hari.

Threats (T) atau ancaman. Komponen ini merupakan ancaman-ancaman apa saja yang mungkin akan dihadapi pada organisasi maupun perusahaa yang bisa menghambat laju perkembangan dari organisasi ataupun perusahaan tersebut


sedangkan Analisis industri merupakan tahap penting yang perlu dilakukan investor, karena analisis tersebut dipercaya bisa membantu investor untuk mengidentifikasi peluang-peluang investasi dalam industri yang mempunyai karasteristik risiko dan return yang menguntungkan bagi investor.
Analisis industri ini sangat penting dilakukan untuk meminimalkan risiko ataupun mengidentifikasi industri yang mempunyai prospek yang menguntungkan.

Selanjutnya analisis industri juga perlu diikuti oleh analisis perusahaan, sehingga investor dapat menentukan saham-saham dari perusahaan mana saja dalam suatu kelompok industri yang mempunyai kombinasi return-risiko yang terbaik.

Analisis SWOT bisa digunakan dalam semua sektor, termasuk ekonomi. Hampir semua perusahaan menggunakan analisis SWOT. dengan itu kita tahu kekurangan dan kelebihan produk atau perusahaan.

Contoh, kalau kita punya perusahaan harus tahu kekuatan dan kekurangan perusahaan kita dan orang lain. Semakin banyak kekurangan perusahaan lain, maka semakin besar kekuatan perusahaan kita. Sangat banyak orang penjual tahu kocek, maka kita harus menganalisis kekurangan yang dimilikinya, sehingga bisa menjadi kekuatan di kopi kita. selan itu kita tidak boleh pesimis karna sudah banyak yang mnenjual hal serupa, karna kita masih mempunya peluang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline