Lihat ke Halaman Asli

Bagaimanakah Metode dalam Pembelajaran??

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kegiatan pembelajaran tidak akan terlepas dari berbagai variabel pokok yang saling berkaitan seperti kurikulum, guru, pembelajaran, dan peserta didik. Semua komponen tersebut bertujuan untuk kepentingan peserta didik. Berdasarkan hal tersebut pula, pendidik dituntut untuk mampu menggunakan berbagai model pembelajaran agar peserta didik mampu melakukan kegiatan belajar secara maksimal. Hal ini dikarenakan bahwa peserta didik bukan hanya sebagai objek, tetapi juga merupakan subjek dalam proses pembelajaran. Peserta didik harus disiapkan sejak dini untuk mampu bersosialisasi dengan lingkungannya. Berbagai jenis model pembelajaran dapat digunakan oleh pendidik. Oleh karena itu juga, pengembangan metode pembelajaran bagi siswa harus terus dilakukan. Selain bertujuan agar siswa dapat lebih cepat memahami dan mengingat mata pelajaran yang diberikan oleh gurunya, metode pembelajaran juga terus dikembangakan agar siswa lebih tertarik dengan mata pelajaran tersebut.

Dalam kenyataan sehari – hari sering kita jumpai sejumlah guru yang menggunakan metode tertentu yang kurang atau pun tidak cocok dengan isi dan tujuan pembelajaran. Akibatnya, hasilnya tidak memadai bahkan mungkin merugikan semua pihak terutama pihak siswa, walaupun terkadang kebanyakan mereka tidak menyadari hal itu. Guru seharusnya menentukan pendekatan dan metode yang akan digunakan sebelum melakukan proses belajar mengajar agar proses belajar mengajar berjalan dengan lancar dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Pemilihan suatu pendekatandan metode tersebut harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan sifat materi yang akan menjadi objek pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan banyak metode akan menunjang pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih bermakna.

Dalam menggunakan metode mengajar, guru yang tidak mengenal metode mengajar jangan diharap bisa melaksanakan proses belajar mengajar sebaik-baiknya. Hal yang terpenting dalam metode ialah bahwa setiap metode pembelajaran yang digunakan bertalian dengan tujuan belajar yang ingin dicapai. Tujuan mendidik adalah agar individu mampu memecahkan masalah-masalah dalam belajarnya, memerlukan metode yang lain, bila tujuannya mengumpulkan informasi. Bagaimana kualitas hasil belajar peserta didik nantinya akan sangat tergantung pada salah satu faktor, yaitu guru. Oleh karena itu, untuk mendorong keberhasilan dalam pembelajaran, guru dalam proses belajar-mengajar sebisa mungkin guru mengerti dan paham akan fungsi serta langkah-langkah dalam metode mengajar. Dengan demikian tujuan dan cita-cita dari proses pembelajaran akan tercapai.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline