Lihat ke Halaman Asli

Sofia Nufus

mahasiswa

Cara Menghadapi Persaingan Bisnis

Diperbarui: 9 Desember 2022   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti sering mendengar istilah bisnis. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu kegiatan  menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan. Berbisnis atau menjalankan usaha sendiri menjadi pilihan banyak orang di era sekarang ini, terutama anak muda yang ingin menjadi seorang pebisnis atau mungkin sudah menekuni dunia bisnis. Melihat sekarang banyak sekali platform bisnis berbasis digital yang memudahkan para pebisnis untuk menjual produk dan layanannya secara online.

Di samping banyaknya kemudahan dalam berbisnis dan banyaknya pebisnis baru yang bermunculan tidak menjamin bahwa menjadi pebisnis itu akan selalu berjalan mulus. Banyak tantangan dan rintangan dalam menjalankan sebuah bisnis yang tentunya membutuhkan berbagai macam strategi agar bisnis yang kamu jalani tidak tumbang bahkan mati. 

Berikut ini adalah Cara Menghadapi Persaingan Bisnis yang perlu kamu pelajari :

1. Kenali Konsumen Dengan Baik

Langkah awal dalam mempertahankan sebuah bisnis adalah dengan mengenali konsumen kamu dengan baik. Dalam menjalankan bisnis, kamu selalu perpacu pada kualitas suatu produk tanpa tau siapa saja yang membeli produk tersebut. Padahal memiliki informasi tentang konsumen merupakan hal yang penting bagi pebisnis. Karena jika kamu mengetahui informasi tersebut maka akan mempererat hubungan pebisnis dengan konsumen sehingga konsumen akan memilih membeli berulang produk yang kamu jual.

2. Kenali Kompetitor/Pesaing Bisnis

Untuk bertahan di dalam dunia usaha, penting bagi kita untuk mempunyai kemampuan mengenali kompetitor. Pengetahuan itu nantinya kita gunakan untuk mengidentifikasi apa saja kelemahan kompetitor yang kemudian kita jadikan sebagai suatu kelebihan bisnis kita. Kita perlu mempelajari apa trik kompetitor dan bagaimana meraka membangun komunikasi yang baik dengan para konsumen dan apa yang dilakukan agar konsumen tersebut bisa menjadi pelanggan tetap.

3. Bedakan Bisnismu dangan Bisnis Kompetitor

Meskipun kamu menjual produk yang sama dengan kompetitor, pasti ada perbedaan, perbedaan itulah nantinya akan menjadi daya tarik konsumen dan menjadi nilai plus tersendiri bagi konsumen memilih produk yang kamu jual. 

4. Terus Berinovasi

Melakukan inovasi akan membuat kamu lebih mudah untuk mempertahankan konsumen yang loyal dan menarik perhatian calon konsumen baru. Hal ini karena terkadang konsumen mudah merasa bosan pada produk yang itu-itu saja. Jika kamu terus melakukan inovasi dan mengeluarkan produk baru yang berkualitas tentunya akan lebih mendapatkan perhatian konsumen. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline