Lihat ke Halaman Asli

Sofia Amalia

Mahasiswa

Ketika Ruang Kelas, Memperlambat Kreativitas

Diperbarui: 30 September 2020   18:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Sumber gambar: legacyhealth.org)

Creativity and knowledge are not opposed to each other, even though an over emphasis on current knowledge can sometimes smother creativity.

Kreativitas dan pengetahuan bukanlah dua hal yang saling bertentangan. Meskipun perhatian yang berlebihan terhadap pengetahuan saat ini, terkadang malah memperhambat kreativitas.

Margaret A. Boden - Creativity and Knowledge

Sepulang sekolah, gadis kecil tampak murung sambil membawa lembar jawaban ujian. Panggil saja dia Nanda, yang sedang sedih karena mendapatkan nilai nol di lembar jawabannya.

Ibu : Loh tadi di sekolah kenapa, Nak, kok wajahnya kelihatan sedih?

Nanda : ini, Bu..(sambil menyodorkan lembar jawaban)

Ibu : Ndak apa-apa, Nak, kan masih ada kesempatan lain waktu

Nanda : iya, Bu, tapi Nanda kan udah berusaha jawab, malah dapat nol. 

Jika itu terjadi pada saya, 3 tahun yang lalu, mungkin akan mengatakan: ya wajar saja dapat nol, toh emang jawabannya gak sesuai “kunci jawaban”.

Hal ini menggambarkan betapa saya, 3 tahun yang lalu, sangat terpaku dengan aturan-aturan belajar di sekolah, sehingga tidak pernah terpikir, untuk menjawab menggunakan sudut pandang lainnya, yang tentunya logis, walaupun tidak akan diterima berdasarkan kunci jawaban.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline