Lihat ke Halaman Asli

Peran Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi Bagi Pelaku Usaha

Diperbarui: 27 Desember 2023   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penulis: Sofhiana Putri Kusumawati & Dr. Muh Rohmadi, M.Hum.

Bahasa merupakan alat untuk komunikasi. Sejalan dengan pendapat Okarisma, dkk (2022), Bahasa menjadi sebuah alat dalam komunikasi yang mana bahasa dan komunikasi ini memiliki hubungan yang tidak dapat dipisahkan, karena bahasa digunakan sebagai alat komunikasi untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan seseorang kepada orang lain. Bahasa Indonesia berperan sebagai alat penghubung antar masyarakat, antar daerah, dan antar budaya.

Salah satu kedudukan bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa nasional. Sebagai pelaku usaha tentu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia yang mempunyai bahasa daerah tersendiri. Seorang pelaku bisnis dapat berkomunikasi dengan pelaku bisnis dari daerah lain menggunakan bahasa Indonesia. Disini, adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional berperan untuk menjembatani proses komunikasi.

Bahasa Indonesia juga bisa digunakan untuk memperlancar berjalannya usahanya. Bahasa Indonesia membantu memperluas relasi usaha ke berbagai daerah. Pelaku bisnis dapat dengan mudah menyampaikan berbagai tujuan, gagasan, dan pendapat menggunakan bahasa Indonesia ketika mereka kurang menguasai bahasa daerah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline