Lihat ke Halaman Asli

Soetiyastoko

☆ Mantan perancang strategi pemasaran produk farmasi & pengendali tim promosi produk etikal. Sudah tidak bekerja, usia sudah banyak, enerjik. Per 30 April 2023 telah ber-cucu 6 balita. Gemar menulis sejak berangkat remaja - Hingga kini aktif dikepengurusan berbagai organisasi sosial. Alumnnus Jurusan HI Fak.SOSPOL UNPAD, Angkatan 1975

Home | Kompor Gas Tidak Bisa Nyala? Penyebab dan Solusinya

Diperbarui: 4 Juli 2024   21:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pri.

Kompor Gas Tidak Bisa Nyala? Ini Dia Penyebab & Solusinya

Soetiyastoko

Kompor gas yang tidak bisa menyala tentu merepotkan. Biaya perbaikan plus harga sparepart-nya pun terkadang bisa lebih mahal dibanding beli yang baru.

Namun kemungkinan pengeluaran yang tak terduga itu bisa diminimalisir, jika dikerjakan sendiri.

Selain gas habis, ada beberapa penyebab lain yang perlu dicari tahu. Dikutip dan disadur dari berbagai sumber, berikut beberapa masalah kompor gas dan cara mengatasinya.
Diantaranya:

Penyebab Kompor Gas Tidak Bisa Nyala:

1. Aliran Gas Terhambat:

Selang bocor: Periksa selang gas dengan seksama. Jika terdapat retakan, kebocoran, atau kerusakan, segera ganti dengan yang baru.

Regulator rusak: Regulator berfungsi mengatur tekanan gas. Jika rusak, aliran gas bisa terhambat. Coba ganti regulator dengan yang baru.

Pipa gas tersumbat: Kotoran atau kerak pada pipa gas dapat menghambat aliran gas. Bersihkan pipa gas dengan sabun dan air hangat.

Kompor lembab: Kompor yang terkena air atau lembab dapat menyebabkan masalah pada sistem pemantik. Keringkan kompor dengan lap bersih.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline