Lihat ke Halaman Asli

Surya Rianto

Blogger, Jurnalis Ekonomi, Pecinta Badminton, dan Anime

Jalan Panjang Lee Chong Wei Menjadi Legenda Dunia

Diperbarui: 1 Juni 2019   13:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film Lee Chong Wei./ Sumber : situs resmi filmnya 

Penggemar badminton mana yang tidak kenal dengan Lee Chong Wei, bisa dibilang dia adalah legenda dunia setara dengan Taufik Hidayat. 

Nah, pada Maret 2018 silam, ada rumah produksi film Malaysia yang membuat film biografi Lee Chong Wei. Nah, pada tahun ini kita bakal disajikan dengan film biografi Susi Susanti. 

Ada kesamaan antara film Lee Chong Wei dengan Susi Susanti loh, keduanya mengangkat cantolan Olimpiade 1992 Barcelona. Olimpiade saat itu memang sangat spesial bagi bulu tangkis karena pertama kalinya sektor olah raga itu dipertandingkan. 

Berhubung film Susi Susanti belum rilis, kita ulas film Lee Chong Wei dulu ya. Saya sudah mengulasnya dan memberikan skor film itu di Suryarianto.id

Begitu juga dengan film Lee Chong Wei yang menceritakan kisahnya berawal dari Chong Wei muda yang menyaksikan pertandingan Olimpiade 1992 di tv kedai dekat rumahnya.

Saat itu, Malaysia memiliki satu wakil dari ganda putra yakni, Razif Sidek/Jalani Sidek. Pasangan itu melaju hingga semifinal Olimpiade 1992.

Pada semifinal, Sidek bersaudara itu harus berhadapan dengan pasangan Korea Selatan Kim Moon-Soo/Park Joo-bong. Sayangnya, wakil Malaysia itu kalah 11-15, 13-15.

Di dunia nyata, pasangan Korea Selatan itu pun meraih emas setelah mengandaskan pasangan Indonesia Eddy Hartono/Rudy Gunawan 11-15, 7-15.

Chong Wei muda sangat memiliki ketertarikan dengan bulu tangkis, tetapi ayahnya sangat tidak mengizinkannya. Selain itu, Chong Wei dikisahkan memang sudah memiliki bakat terpendam yang bisa mencuat kalau dilatih.

Sampai, salah satu pemilik pelatihan bulu tangkis dekat rumahnya sangat tertarik untuk melatih Chong Wei. Setelah, Chong Wei muda diam-diam ikut turnamen di sana.

Alasan Ayah Chong Wei Benci Bulu Tangkis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline