Lihat ke Halaman Asli

Sultoni

Pengamat Politik dan Kebijakan Publik AMATIRAN yang Suka Bola dan Traveling

Surya Paloh Kasih Lampu Hijau ke AHY untuk Mendampingi Anies

Diperbarui: 25 Februari 2023   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surya Paloh berbisik kepada AHY dalam jumpa pers pasca pertemuan antara mereka. Foto : antaranews.com

Untuk yang kesekian kalinya Ketua Umum Partai Nasdem sekaligus king maker koalisi perubahan (KP) bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Pertemuan kali ini dilakukan di Kantor DPP Partai Demokrat Jakarta pada Rabu siang (23/2/2023).

Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih dua setengah jam tersebut berlangsung santai karena dibalut dengan jamuan makan siang bersama antara keduanya yang juga diikuti oleh sejumlah tokoh politik dari kedua partai masing-masing.

Dalam sesi konferensi pers pasca pertemuan Paloh-AHY tersebut, AHY menegaskan komitmen Demokrat dalam mendukung pencalonan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 bersama Nasdem dan PKS yang tergabung dalam Koalisi Perubahan. 

Namun sepertinya penegasan AHY tersebut belum diikuti dengan sikap real pendeklarasian Anies Baswedan sebagai capres yang bakal diusung oleh Demokrat sebagaimana yang telah dilakukan oleh Nasdem dan PKS.

Sedangkan Surya Paloh dalam keterangan nya kepada wartawan dalam jumpa pers tersebut juga sempat menegaskan bahwa AHY adalah sosok yang sangat layak untuk menjadi cawapres mendampingi Anies Baswedan.

Agaknya, pernyataan Surya Paloh tersebut merupakan strategi untuk merayu agar Demokrat sesegera mungkin mengambil sikap sebagaimana halnya yang telah dilakukan oleh PKS.

Memang selama ini santer juga diisukan bahwa Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sempat akan disandingkan dengan Anies Baswedan oleh Surya Paloh.

Jika benar demikian tentu Surya Paloh hendak berupaya merangkul suara kaum Nahdliyyin khususnya di Jawa Timur dengan menggandeng Khofifah. Namun sepertinya upaya Paloh tersebut akan berjalan sulit karena belum tentu PKS dan Demokrat bisa  sepakat dengan opsi tersebut.

Resikonya, jika salah satu atau kedua-duanya antara PKS dan Demokrat tidak sepakat dengan gagasan Paloh mengusung Khofifah sebagai bacawapres mendampingi Anies tersebut maka rencana mereka untuk membuat Koalisi Perubahan bisa saja gagal ditengah jalan. Apalagi Khofifah diketahui tidak mempunyai partai politik yang bisa menggantikan posisi PKS dan Demokrat.

Untuk itulah, bisa jadi kunjungan Surya Paloh ke Kantor DPP Partai Demokrat untuk yang kesekian kalinya bertemu dengan AHY tersebut adalah sebagai bentuk upaya melobi Demokrat agar sesegera mungkin menyatakan sikap dukungannya terhadap pencapresan Anies dan Koalisi Perubahan dengan melakukan deklarasi terbuka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline