Lihat ke Halaman Asli

Pahala yang Besar bagi Umatnya yang Mengamalkan Perbuatan Baik bagi Sesamanya

Diperbarui: 8 Mei 2019   18:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

   

 

SUDAH HAFAL NAMUN BELUM MENGERTI

Banyak ummat muslim yang sudah hafal perintah Allah SWT tersebut, tetapi karena tidak atau belum mengerti arti dan maksud Allah yang menjanjikan  p a h a l a, maka banyak dari kita tidak melaksanakannya dengan sepenuh hati. 

Akibatnya, masih banyak sosok-sosok ummat muslim yang sudah benar-benar melaksanakan berbuat kebaikan bagi sesamanya, namun  amalan perbuatan baik ini belum dilaksanakan secara optimal, karena masih terhalang oleh pengaruh nafsunya sendiri yang sering di susupi rayuan syaitan, yang selalu menggoda tentang arti  p a h a l a.

P A H A L A

P a h a l a  terjemahan dari  a j r u n (bahasa Arab), dan definisinya menurut Islam a d a l a h ganjaran untuk hamba Allah SWT yang mengerjakan amalan shaleh dan perkara-perkara yang makruf. 

Allah menciptakan Al-Qur'an yang berlaku untuk hamba-Nya sepanjang zaman, jadi kata-katanya bersifat  r e l a t i f, oleh karena itu dapat dipahami kalau arti kata p a h a l a bisa di gunakan untuk hambanya  kapanpun di zaman now, nanti, .........sepanjang zaman.

 

Pahala  a d a l a h rahasia Allah, hamba-Nya tidak bisa mengetahui apa dan bagaimana wujud dan seberapa besar pahala dari setiap kebaikan yang dilakukan. Kewajiban hamba hanyalah mengimani (meyakini) dan bertaqwa.

Kemudian banyak ummat muslim yang menghentikan, dalam upayanya untuk memahami apa itu sebenarnya  p a h a l a.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline