Online Shop Kemajuan Teknologi dan Bisnis.
Teknologi dengan perkembangannya yang semakin pesat,menciptakan tatanan pola hidup masyarakat dalam kehidupan sehari -- harinya dan menjadikan masyarakat juga lebih komsutif. Namun karena kebutuhan masyarakat yang meningkat karena penduduk yang meningkat dampak pertumbuhan ekonomi pun terjadi.
Menurut Ellul dalam (Miarso, 2007) menjelaskan bahwa teknologi merupakan keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. Jadi efisiensi yang bisa dirasakan pada saat ini, misalnya dalam berbelanja secara online.
Online shop mempengaruhi usaha UMKM, pasar dan cara orang berbelanja, mempengaruhi cara orang dalam memilih dan membandingkan satu tempat ke tempat lainnya lebih terasa mudah mengakibatkan cara pola berbelanja pun berubah.
Hari ini masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan barang hanya dengan melihat di platform online padahal dahulu memilih barang di pasar adalah satu -- satunya cara untuk berbelanja.
Kini karena online shop dapat mempengaruhi pasar tanpa kita sadari juga mempengaruhi psikologis kita karena barang yang kita beli hanya dapat dilihat di gambar dengan deskripsi yang harus kita gambarkan agar sesuai dengan keinginan maka tidak jarang barang yang sampai tidak sama seperti di gambar atau tidak sesuai dengan ekspetasi kita,dari sana lah menulis deskripsi yang jujur,umpan yang baik dari konsumen lain bisa menjadi salah satu cara untuk mendatangkan konsumen lainnya maka dari itu pentingnya seorang admin dalam melayani konsumen adalah hal penting untuk meningkatan dan membantu kesuksesan perusahaan atau toko online.
Pejuang bisnis pemula.
Menurut Kaufaris dan Hamton-Sosa (2002) mempelajari bagaimana pengalaman pada situs web dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen pada perusahaan itu sendiri melalui kepercayaan pada situs web.
Dari apa yan mereka pelajari kita dapat menyimpulkan bahwa konsumen yang menemukan kepercayaan toko online yang dijadikan tempat berbelanja akan dapat mendatangkan konsumen lainnya dan bisa dapat pesanan ulang dari konsumen tersebut.
Di Indonesia sendiri toko online ini berkembang pesat dibuktikan banyaknya e -- commerce yang bermunculan atau start up -- start up yang memulai membangun aplikasi untuk berbelanja ini di buktikan dari aplikasi seperti Tokopedia, Shoppe, Lazada ini bermunculan
Online shop ini bisa dilakukan oleh siapapun tak mengenal jenis kelamin, tua atau pun muda,maraknya online shop ini sebenarnya langkah bagus untuk kemajuan perekonomian Indonesia seperti yang kita tahu pada akhirnya banyak bermunculan online shop artinya bermunculan UMKM bukti nyata bahwa usaha kecil dapat menjadi Pertahanan atau penyangga yang kenyaataanya mampu bertahan saat kelesuan ekonomi selain itu dapat mengantisipasi inflasi atau penyebab faktor lainnya.dengan usaha kecil atau UMKM daring dapat menambah devisa negara dan mampu menjadi penyangga ekonomi masyarakat kecil / lapisan bawah.
Usaha -- usaha baru inilah yang membuka lowongan -- lowongan kerja baru bagi masyarakat pencari kerja,bermula dari bisnis pemula online shop yang kemudian dapat bermunculan bisnis -- bisnis online shop yang besar dan dapat memberikan lowongan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja yang banyak.
Pentingnya Admin Online Shop.
Banyak yang menganggap bahwa pekerjaan seorang admin online shop sangat mudah.Hanya mengunggah menjawab chat customer dan merekap penjualan.Begitu kan? Padahal, pekerjaan admin online shop sebenarnya cukup berat. Hal ini karena admin sebenarnya sangat penting dalam membentuk branding dalam implementasi bisnis online shop.
Admin online shop yang buruk akan melakukan interaksi dalam sosial media secara asal-asalan. Kaku, membosankan, dan bisa saja salah pemahaman tentang keinginan customer.
Padahal admin online shop harus kreatif,inovatif,cakap dan memahami bagaimana menjalankan aplikasi e -- commerce yang sedang berjamur karena potensi bisnis online shop terletak bagaimana admin online shop dapat berinteraksi dan mengembangkan apa saja yang menjadi market pembeli.
Bahkan ada admin online shop yang karena begitu kaku, hingga membalas chat pun hanya menggunakan template percakapan. Padahal yang kita tahu bahwa keputusan seorang customer untuk menggunakan produk atau jasa sebuah perusahaan seringnya didasari pada pengalaman interaksi dengan perusahaan tersebut.
Jika sudah begitu, akan timbul persepsi tentang branding yang kurang positif. Padahal, ahli branding terkemuka di manapun jika ditanya tentang definisi branding, maka mereka akan menjawab seperti ini: Logo bukanlah branding.
Logo memang bukan branding. Logo hanya bagian dari branding. Keseluruhan branding adalah bagaimana perusahaan tampak di mata customer. Bagaimana perusahaan berkomunikasi dan berinteraksi dengan customer. Maka dari itu, bijaklah dalam memilih admin online shop.
Karena memilih admin merupakan usaha kita untuk mengembangkan teru s usaha kita menjadi lebih besar dan menampung banyak tenaga kerja.
Oleh
Rosi Desshara Shabira, Muchammad Sifa'i dan Laila Meiliyandrie Indah W
Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H