Lihat ke Halaman Asli

Agus Priyanto

sodarasetara

Serial Melawan Lupa #4: Pers, Demokrasi dan Daulat Rakyat

Diperbarui: 28 Maret 2016   12:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

“Hanya ada di Indonesia adagium: Pejuang Pers dan Pers Pejuang"

--Menko Maritim & Sumber Daya, Rizal Ramli--

Belakangan ini, beberapa kalangan menilai bahwa ada kecenderungan dari dunia pers kita yang cenderung pragmatis. Penilaian itu setidaknya berangkat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat.

Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dalam sebuah buku Media Online: Antara Pembaca, Laba, Dan Etika (Problematika Praktik Jurnalisme Online Di Indonesia) yang dipublikasikan melalui websitenya mengungkapkan bahwa “Kita tengah berada pada sebuah zaman yang mengoyak-ngoyak aneka pakem jurnalistik yang dibangun dan dijaga selama bertahun-tahun”.

Menurut buku diatas, kualitas dan kredibilitas informasi yang disampaikan pers atau media massa ke masyarakat perlu menjadi perhatian bersama. Tak sedikit dari industri pers atau media massa kita saat ini kurang memperhatikan akurasi informasi yang disampaikannya ke publik.

“Atas nama kecepatan, pageview, dan pertumbuhan bisnis, acapkali lembaga berita online terjerambab menyampaikan informasi yang belum final terverifikasi kepada masyarakat luas sehingga terkadang menimbulkan mis-persepsi dan mis-interpretasi fakta”, demikian diungkap dalam buku terbitan AJI diatas.

Disisi lain, menurut Laporan Tahunan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) 2012, saat ini para jurnalis juga dihadapkan pada kondisi perburuhan di industri media. Dalam laporan tersebut disampaikan bahwa masalah utama perburuhan media di Indonesia saat ini terfokus pada kesewenang-wenangan pemilik media, yang seenaknya memecat, memindahtugaskan, me-nonjob-kan karyawan, menyatakan perusahaan dalam krisis, atau menerapkan pemotongan gaji secara sepihak.  

Oleh karenanya, ditengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta monopoli kepemilikan media yang mengarah pada oligopoli kekuasaan (politik dan bisnis), kiranya apa yang pernah disampaikan oleh Rizal Ramli dalam buku BREDEL 1994 dibawah ini bisa menjadi bahan pendiskusian bersama.

BREDEL 1994 merupakan ontology artikel seputar pembredelan TEMPO, DETIK dan EDITOR pada 21 Juni 1994 yang ditulis oleh beberapa orang dengan latar belakang yang berbeda-beda.

“…

Tetapi, struktur pers yang kompetitif adalah ancaman bagi stabilitas kekuasaan otoriter karena dengan suatu pers yang kompetitif, banyak cacat kekuasaan menjadi lebih terbuka sehingga lebih jelas terlihat oleh masyarakat. “Kekuasaan” dan “kekuatan” dari mereka yang mengontrol, akan terlihat jauh lebih rapuh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline