CERITA BEST PRACTICES DENGAN METODE STAR (SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK) TERKAIT PENGALAMAN MENGATASI PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN DAN UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL
Kondisi yang menjadi latar belakangnya adalah:
Model pembelajaran yang kurang bervariatif dan terkadang masih menggunakan model lama atau konvensional dimana guru senantiasa masih menempatkan dirinya menjadi pusat dalam pembelajaran (Teacher Center Learning). Senantiasa proses pembelajaran berlangsung pada satu arah saja (metode ceramah) dan siswa hanya terbatas pada latihan soal untuk mengukur capaian dari pembelajaran. Penggunaan model konvensional (Teacher Center Learning) dalam pembelajaran dapat menyebabkan siswa pasif (cenderung hanya menunggu perintah) dan motivasi untuk belajar siswa menjadi rendah, hal ini akan berdampak pada tingkat keaktifan serta pemahaman materi siswa menurun/rendah.
Pemanfatan media pembelajaran yang belum maksimal dan tepat. Pada proses pembelajaran praktikum sering terjadi kurangnya waktu dalam penyelesaian tugas praktikum serta kurang tersedianya alat peraga (trainer) sehingga menyebabkan proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik, artinya tertunda dan menjadi lama dalam penyelesaiannya, hal ini berdampak kepada sebagian siswa tidak mendapatkan waktu yang cukup dalam melakukan praktikum sehinga siswa mengalami kesulitan dan keterlambatan
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan karena menurut saya masih banyak guru yang juga mengalami permasalahan yang hampir sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri, juga mampu menjadi salah satu bahan referensi atau inspirasi bagi rekan-rekan guru yang lain. Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini Saya harus mampu memposisikan diri sebagai pendidik yang bertanggung jawab pada keberhasilan dan kualitas belajar peserta didik saya, terutama dalam rangka memanfaatkan model pembelajaran yang inovatif serta interaktif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat tercapai sesuai yang diharapkan.
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
Memilih model pembelajaran yang efektif dan bervariatif serta sesuai dengan karakteristik peserta didik
Menyiapkan kebutuhan alat dan bahan serta media pembelajaranberbasis teknologi
Mengatur jadwal pembelajaran yang bertepatandengan hari libur
Melakukan record dokumentasi dan editting video proses pembelajaran sebagai evaluasi diri dalam proses pengajaran Pihak-pihak yang terlibat dalam upaya mengatasi tantangan tersebut yaitu meminta bantuan kepada teman guru yang memiliki kemampuan IT dan recording serta editting video yang baik, kolaborasi dengan rekan-rekan guru produktif (dalam hal pemenuhan kebutuhan materi praktikum), bidang pengelola aset/ barang di sekolah dan toolmen, Wakil kepala sekolah bagian kurikulum, serta peserta didik.