Lihat ke Halaman Asli

Kenapa Social Media Penting untuk Branding?

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber gambar: prnewsonline.com [Infographic by Topwebdesignschools.org)

Social media atau jejaring sosial rupanya kini telah masuk ke dalam sendi-sendi kehidupan manusia, entah itu dalam hal berteman, bermusuhan, mencari uang bahkan jodoh sekalipun.

Sosial media berkembang begitu pesat dan hampir semua orang menggunakannya baik untuk hal buruk atau baik. Ketika Friendster dulu hadir mengawali era social media, banyak orang menggunakannya untuk saling berbagi dengan teman mereka. Tidak sedikit juga orang memakainya untuk mencari kenalan, dan mungkin kita masih ingat bagaimana Friendster dulu mengisi kehidupan digital kita.

Lalu perkembangan social media pun beranjak, hadirlah Facebook dan Twitter yang keduanya ini mampu mengubur Friendster secara perlahan hingga pada 2011, Friendster benar-benar hilang dari peredaran dan diganti menjadi situs game.

Berjayalah Facebook dan Twitter dan keduanya mampu bertahan hingga sekarang. Yang menarik adalah adanya manfaat yang semakin hari semakin nyata, yaitu aktifitas marketing melalui kedua social media tersebut, seperti branding, promosi bahkan berjualan secara langsung.

Sekarang, hampir semua industri kecil dan besar dengan berbagai brand melibatkan diri mereka untuk melakukan aktifitas marketing seperti branding. Inilah salah satu manfaat dibalik penggunaan social media. Lalu timbul pertanyaan, seberapa pentingnya melakukan aktifitas marketing melalui social media? Dan ini jawabannya.

1. Pengguna Social Media Semakin Besar

Lebih dari 1 milyar orang di seluruh dunia menggunakan Facebook dan Twitter, diantara mereka adalah generasi dengan usia dewasa yang memiliki kebutuhan berbeda-beda. Karena itu, masih banyak ceruk pasar yang masih luas untuk dieksplor.

2. Semua Orang Menyukai Branding

Orang-orang lebih suka membeli produk yang merknya sudah populer. Selain itu, menurut penelitian sebuah institusi pemasaran, orang lebih memilih produk yang memiliki akun Facebook, ketimbang produk yang tidak memilikinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline