Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi sebuah wadah bagi para mahasiswa untuk dapat menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada masyarakat. PMM sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) gelombang 3 kelompok 54 dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang beranggotakan Prilly Tiya Ramadhani, Alifia Lailatuz Zahra, Sania Rahma Yulia, Refila Azizah Gyat, dan Fenty Nur Fitriana dengan pembimbing yaitu Laela Hikmah Nurbatra, S.Pd, M. A, MEdLead. Kami telah membuat proker pembuatan reading corner yang dilakukan diruang kelas 4 SDN 2 Sumberbening. Program kerja ini berupa pembuatan reading corner, dan uji coba dengan melakukan pembiasaan membaca menulis. Pembicara dalam kegiatan ini yaitu koordinator PMM gelombang 3 kelompok 54 atas nama Prilly Tiya Ramadhani.
Reading corner disebut juga pojok baca. Reading corner merupakan fasilitas yang dapat digunakan sebagai sarana untuk membaca buku. Reading corner biasanya dibuat di sudut belakang ruang kelas dengan menghias dinding semenarik mungkin agar dapat menggugah semangat siswa dalam membaca buku. Reading corner ini dibuat untuk meningkatkan literasi anak dengan pembiasaan membaca setiap hari.
Berdasarkan hal tersebut, kegiatan PMM ini bertujuan untuk menguatkan literasi pada siswa kelas 4 SDN 2 Sumberbening dengan memberikan sarana membaca berupa reading corner dan buku donasi berupa buku cerita daerah serta ada cerita legenda. Di dalam kegiatan pembuatan reading corner di SDN 2 Sumberbening disambut sangat antusias oleh siswa siswa kelas 4. Dengan melibatkan siswa langsung dalam pembuatan reading corner, seperti menempelkan wallpaper, stiker dengan bermacam -- macam motif, tempelan edukasi serta rak untuk menaruh buku.
Setelah pembuatan reading corner selesai, kami selaku anggota PMM dari UMM melaksanakan peresmian reading corner. Kami selaku anggota PMM dari Universitas Muhammadiyah Malang juga memberikan pengetahuan mengenai pemakaian reading corner secara lisan maupun tertulis. Setelah kami melakukan pengamatan selama 2 hari kegiatan pembiasaan, respon siswa sangat antusias membaca cerita yang telah disediakan di rak. Setelah mereka membaca cerita, mereka dapat menuliskan isi dari cerita tersebut pada kertas kecil yang sering kita sebut stikinote. Kemudian ditempelkan pada papan yang telah kita sediakan. Diharapkan dengan adanya pojok baca dapat meningkatkan minat baca siswa kelas 4 di SDN 2 Sumberbening ini.