Lihat ke Halaman Asli

Dibalik Kecanduan Facebook

Diperbarui: 26 Juni 2015   11:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film ini merupakan cerita flash back dari cerita awal Mark yang sedang mengurus persidangan karena di tuntut oleh teman dekatnya sendiri Eduardo Saverin (Andrew Garfield)----sesama pendiri Facebook.

Ide pertama pembuatan facebook sebenarnya sebagai jejaring sosial di kampus Harvard. Akhirnya berkembang ke kampus-kampus lain di amerika dan finally sampailah ke seluruh dunia. Pertemanan melalui jalur online, penuh dengan tantangan dan resiko. Jika kamu benci seseorang, sangat mudah..kami tinggal "DELETE" dia dari friends list kamu.

Diceritakan Mark Zuckerberg seorang yg jenius, freak, nerd, introvert dan anti sosial. Dunia dia hanyalah baris-baris coding dan kamar asramanya, Mark hanya mendapat kesenangan dari mengutak atik source code dan membuat aplikasi aneh2 sebagai lelucon, yang menurut dia lucu tapi tidak menurut orang lain. Tapi kejeniusan dia memang patut diacungkan empat jempol!

Sampai ketika permasalah datang ketika dia mulai membuat aplikasi konyol mengenai membandingkan mahasiswi di kampusnya dengan hewan ternak, sebenarnya dia membuat aplikasi ini dalam keadaan mabuk sehabis diputuskan pacarnya dan Mark berhasil membobol security kampus Harvard untuk mencuri database daftar mahasiswi...sambil MABUK hanya dalam waktu 4 jam. Yang effortnya menuai hits pengunjung besar-besaran.

"Reputasi" ini menghasilkan 2 respon, dikucilkan oleh orang-orang terutama "mahasiswi" yang sudah dia gunakan datanya....tapi ada banyak yang menganggap dia "COOL". Mark hampir kena drop out gara-gara kasus ini.

Sampai ketika "reputasi" dia terdengar oleh sekelompok mahasiswa exclusive Harvard yang memiliki sebuah ide membuat jejaring sosial interal Harvard supaya mereka dapat mempublish reputasi mereka untuk menggaet wanita.

Mark yang nyeleneh, iya" saja menjawabnya. Tapi aplikasi itu tidak dia kerjakan, karena sifat Mark yang sinis menganggap aplikasi tersebut tidak bermutu dan kampungan. Dengan demikian, Mark membuat jejaring sosial THE FACEBOOK yang jauh lebih flexible, lebih trendy, dan lebih cool. Yang akhirnya membawa dia pada perluasan dengan ajakan dari teman-temannya, menuai 1juta hits kunjungan, dan juga menuai segudang masalah baru...

PS:  Sorry baru sempat menulis reviewnya:(

**Film ini diangkat dari Novel Ben Mezrich 2009 "The Accidental Billionaires"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline