Lihat ke Halaman Asli

Sandi Pramesti

Enjoy your life

Pengenalan Literasi pada Anak Sekolah Dasar di Desa Cilenggang

Diperbarui: 28 Oktober 2022   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kegiatan PKM Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang, di Desa Cilenggang.


Literasi merupakan hal penting dalam pengembangan motorik dan pemikiran seorang anak. Sebagai seorang yang terpelajar dan sudah melangkahkan kaki sejak sekolah dasar hingga jenjang perkuliahan, mahasiswa memiliki peran penting dalam memajukan kualitas bangsa Indonesia. 

Seperti misalnya mengambil peran sebagai pengajar dan berkontribusi langsung di masyarakat, lalu mengedukasi menggunakan bidang keahlian dan pengetahuan yang dimiliki.

Kontribusi kepada masyarakat menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan, salah satu kegiatan yang dilakukan mahasiswa dalam kontribusinya mengembangkan bangsa ialah melaksanakan satu kegiatan bernama Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM ini dilaksanakan sebagai tugas pokok yang wajib dari perguruan tinggi di Indonesia.

Universitas di Indonesia yang mewajibkan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) salah satunya adalah Universitas Pamulang (UNPAM). Universitas ini menghimbau para mahasiswanya untuk ikut berpartisipasi dan mendorong untuk berkontribusi kepada masyarakat, dengan memanfaatkan disiplin ilmu yang telah dipelajari. PKM ini diharapkan dapat membuat para mahasiswa menjadi seorang insan yang berbudi luhur dan bermanfaat. 

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa UNPAM yang telah dibentuk satu kelompok beranggotakan lima orang dari semester 8, untuk melakukan pengenalan literasi yang disampaikan menggunakan metode audio visual kepada anak-anak sekolah dasar di Jalan PTPN 8 Cilenggang, Rt 12 Rw 04, Kecamatan Serpong Kelurahan Cilenggang.

Kegiatan yang dilakukan berfokus pada bagaimana mengembangkan mental anak-anak dalam berbicara di depan umum, serta bagaimana membuat anak-anak sekolah dasar mampu mengungkapkan apa yang mereka pikirkan sesuai dengan materi yang diberikan.

Mahasiswa dalam menyampaikan materi tidak menggunakan bahasa yang terkesan formal, tetapi memakai bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Dalam membimbing juga selalu diselingi dengan canda dan tawa sehingga tidak membuat suasana dalam pelaksanaan kegiatan menjadi kaku. 

Pendekatan yang santai membuat anak-anak dari desa Cilenggang dengan cepat menerima mahasiswa. Setelah memberikan arahan dan materi, anak-anak diberikan tugas oleh mahasiswa untuk menulis dan mengungkapkan apa yang mereka rasakan setelah mengikuti kegiatan PKM, kepada teman-temannya. 

Hal ini menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan PKM, yaitu melatih kemampuan mendengar dan menyampaikan apa yang anak-anak pikirkan. Menjadikan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjalan sukses.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline