Lihat ke Halaman Asli

Agar Tidak Stres Hadapi UN

Diperbarui: 24 Juni 2015   15:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Hy sobat SMStau nggak bulan April ini ada agenda besar, agenda ini akan menentukan nasib kita untuk masa depan. Kita akan bertempur untuk menjadi yang terbaik untuk masa depan kita,sobat pertempuran itu sudah semakin dekat bahkan sudah di depan mata kita,ya UJIAN NASIONAL(UN)

Sobat SMSapa kalian udah siap untuk menghadapi pertempuran ini? Sudah sampai mana persiapan sobat semua? Semoga persiapan sobat sudah semakin matang. Amin!

O ya sobat,menjelang petmpuran ini kalian pasti banyak yang nervous/stress.Jujur sebenarnya saya juga takut menghadapi pertempuran ini,tapi tenang sobat saya punya tips untuk menghadapi  UN nanti biar sobat nggak stress.Yang pertama nih sobat, jika seandainya besok nih kita akan ujian, maka malamnya kita nggak usah belajar yang berat,karena nggak ada gunanya kita memaksakan belajar sampai tengah malam.

Kalau bisa kita ingat-ingat aja materi yang pernah dikasih sama guru,setelah itu kita tidur dengan cepat,dan bangun harus lebih awal dari yang biasanya,agar kita bisa tahajutan. Nah setelah  selesai shalat,kita bisa belajar karena belajar subuh tu lebih cepat nangkapnya,kalau bisa kita  mandi sebelum subuh karena mandi sebelum subuh akan meregangkan otot-otot otak kita.

Yang kedua sobat, mintalah restu orang tua dan keluarga,karena restu orang tua merupakan kunci kesuksesan kita,do’a orang tua sangat makbul bagi kita anak-anaknya,semoga sobat sudah minta restu mulai sekarang.

Ketigajangan lupa berdo’a sebelum ujian, semoga Allah memberi hidayahnya saat kita ujian. Mintalah doa agar diberi kemudahan kalau sobat ingin tau do’anya? Ini dia: Rabbana atina milldun karahmahwahaiyiklana minamrina rasyada. Semoga do’a ini berguna.

Keempat sobat,saat kita nerima soal jangan takut lihat soal, karena kalau dari awal kita sudah takut liat soal, maka semua persiapan kita akan hilang begitu saja,akhirnya nggak tau lagi apa yang akan di jawab. Ujung-ujungnya stress kan? Tapi cobalah kita nerima soal tu dengan senyum,bawa rilex aja soal tu anggap lah kalau kita bisa menjawab soal di depan.tapi jangan terlalu rilex ya sobat.

Terakhir nih sobat kita harus self confidencealias PERCAYA DIRI,ini nih sobat yang penting kita harus percaya diri dalam menjawab soal nantinyakarna kalau kita ragu-ragu dalam menjawab soal kita akan menyesal,karna pengalaman kita denger orang jawab C kita ubah pula jawaban kita padahal jwaban kita dah benar nih sobat,semoga jangan terjadi kesalan itu lagi.LA-TAHZAN sobat jangan takut ALLAH akan menolong hambanya yang berusaha,serahkan diri kita sepenuhnya kepada ALLAH yang akan mengoreksi ujian kita tidak sepenuhnya pemerintah yang punya kerja tapi ALLAH lah pengoreksi yang paling benar.ALLAH akan adil kepada umatnya terutama kepada hambanya yang berusaaha keras.

Sobat SMS,,semoga dengan adanya tips ini,kita akan rilex belajar dengan tenang,dan pesiapan kita semakin matang,dan tentunnya kita akan berteriak bersama dengan teriakan LULUS.AMIN. kita semua akan menangis haru dan menghadiah kan ini semua kepada orang tua dan guru kita.(Rahmi Kurniawati, Siswi XII ITT MA-KMM Padang Panjang)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline