Lihat ke Halaman Asli

Miss Late

Diperbarui: 24 Juni 2015   14:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Krink….krink…

“Hh,, berisik banget sih !!!! “ Debi menutup telinganya dengan bantal. Kemudian melanjutkan kembali tidurnya, tak peduli dengan jam yang berbunyi.

Selang beberapa menit kemudian….

“Debi !!! loe mau sekolah apa nggak sih ! udah jam berapa nih “ ucap Lala mmbangunkan  Debi. Tapi yang dibangunkan malah tambah menarik selimutnya keatas.

“Emang udah jam berapa ?? palingan jam 6 “ ucap Debi dengan santainya.

“Jam 6 apaan, udah jam 7 tau !! “.

“Apa ???! jam 7 !!” Debi langsung terduduk dari tidurnya, dia buru-buru mengambil handuk dan lari ke kamar mandi, “loe kok nggak bangunin gue dari tadi sih” ujar Debi yang terbirit-birit ke kamar mandi.

“Debi…Debi… sampai kapan sih loe mau begini,”  rintih Lala dalam hati.

………..

“Duh,,,,gue pasti terlambat nih. Pagi ini sama Pak Ferdy lagi, mati deh gue kena omelin sama Pak Ferdi.

Sesampainya di kelas, seperti yang diduga oleh Debi. Pak Ferdy memang telah masuk ke kelas, pelajaran pun telah dimulai. Debi bingung bagaimana caranya masuk ke dalam kelas, setelah beberapa lama berpikir, cewek manis ini pun menemukan ide bagus. Dia kembali ke lantai bawah dan bergegas ke  kantin. Kemudin menitipkan tasnya ke ibu kantin. Kemudian kembali lagi ke kelasnya.

Saat sampai di kelas, Pak Ferdy sedang menulis di papan tulis dan membelakangi murid-muridnya, dengan berjalan mundur Debi memasuki kelas, tapi semuanya ternyata diluar rencananya, Pak Ferdy mengetahui bahwa dirinya telambat.

“ Debi! “ tegur Pak Ferdy mengagetkan Debi yang sedang diam-diam masuk ke kelas,

“ I-i-iya pak “ Debi tergagap menjawab teguran Pak Ferdy.

“Kamu terlambat lagi !!! sudah berapa kali kamu saya peringatkan, jangan sampai terlambat di jam pelajaran saya !,” Pak Ferdy membelalakan matanya yang memang sudah besar.

“Maaf pak, tadi saya kejebak macet di jalan” alasan Debi

“Sudah,,,saya tidak menerima alasan-alasan kamu yang tak dapat dipercaya itu lagi,”

“ Tapi pak saya..”Debi tak melanjutkan pembelaanya, karena Pak Ferdy langsung memotong pembicaraannya.

“ Sekarang kamu ambil sapu lidi di gudang dan segera sapu halaman sekolah ini seluruhnya !” sepertinya itu sudah harga mati buat Debi. Segera gadis manis itu pergi lagi ke lantai bawah dengan wajah  jengkel, diiringi tatapan marah Pak Ferdy dan sayu dari teman-teman Debi yang lainnya.

……..

“Haloo miss late “ sapa Rangga saat bertemu dengan Debi di koridor kelas. Debi yang saat itu sedang manyun karena masih sebel dengan hukuman tadi pagi langsung naik pitam.

“Loe jangan ganggu gue deh sekarang. Lagi sebel tau, udah,,,pergi sana,,” Debi mendorong Rangga agar menyingkir dihadapannya.

“ Loe kenapa sih Deb ??” Rangga bingung dengan sikap Debi yang mengusirnya.

“ Udah deh jangan banyak Tanya, sana pergi! ”. Debi tambah jengkel dengan sikap rangga.

Rangga yang tak tau apa-apa itu, langsung saja pergi dengan wajah kebingungan dengan sikap Debi. Lala yang melihat itu semua kemudian bertanya ke Debi.

“Loe kenapa sih Deb ??” Lala menatap wajah Debi dengan serius.

“Gue sebel aja sama semua orang yang ada disini. Kenapa mereka semua pada manggil gue dengan sebutan miss late, emangnya gue segitu leletnya ya sampai dipanggil gitu” Debi dengan wajah memelas menanyakan keganjalan di hatinya kepada Lala.

“Emangnya loe nggak sadar Deb. Selama ini loe kan emang terkenal siswa yang paling sering terlambat. Setiap pagi loe pasti nggak pernah absen kena marah sama pak satpam, karna selalu terlambat.”

“ Perasaan nggak segitunya banget deh La, gue terlambat Cuma sekali-kali” Debi melakukan pembelaan.

“ Itukan perasaan loe. Selama ini loe jarangkan masuk kelas tepat waktu, pasti terlambat terus”.

“Masa sih,,,” Debi masih ngggak ngerasa tentang kebiasaannya selama ini.

“Udah deh, dari pada bingung mending masuk kelas yuk, bel udah bunyi tu,” lala menarik   tangan      Debi agar berjaln lebih cepat ke kelas.

……..

Malam di kamar..

Debi masih belum bisa tidur meski dia telah mengubah posisi tidurnya berulang kali. Tetapi matanya memang tidak menunjukan tanda-tanda akan tidur. Gadis yang mempunyai mata indah itu masih memikirkan kejadian tadi pagi di sekolahnya. Dia masih bingung dengan pernyataan Lala tadi.

“Emangnya gue terlambatnya udah parah banget ya, sampai-sampai teman-teman manggil gue dengan sebutan kayak gitu. Gue emang sering terlambat, tapi itukan nggak setiap hari, palingan Cuma hari-hari tertentu aja. Kebetulan hari itu selalu belajar pagi sama Pak Ferdy, sehingga gue selalu kena hukuman darinya. Ahh,, bingung gue, bikin kepala gue sakit aja mikirin itu semua”.

Debi terus saja memikirkan itu, sampai tidak terasa dia telah terbawa oleh dunia mimpi. Yang membuatnya bisa melupakan sejenak masalah yang dihadapinya.

……..

Krink,,,,krink,,,,

“Hhm,,, udah jam 6. Gue nggak boleh terlambat lagi kali ini. Pokoknya gue musti berubah”. Debi menguap lebar.” tapi hari masih pagi, gue masih ngantuk, tidur sebentar lagi nggak apa apalah” Debi kembali terjatuh kedalam pelukan selimutnya.

Tampa terasa ternyata dia telah tertidur 1 jam lamanya.

“Ya ampun…gue terlambat lagi !!!” Debi terbangun dari tidurnya dan lansung berlari ke kamar mandi. Debi berjalan dengan cepat mengambil sepeda motornya yang masih berada di garasi. Dia tidak sempat lagi untuk sarapan.

“Debi,,sarapan dulu !! “ mamanya memanggil untuk sarapan.

“Nggak sempat lagi ma, Debi udah terlambat, Debi pergi dulu ya, assalamu’alaikum” Debi langsung tancap gas, meninggalkan ibunya yang berdiri mematung memandanginya. Dia tak habis pikir dengan anaknya yang satu ini, Debi memang sangat susah dibangunin tiap pagi, selalu saja ada kesempatan untuk tidak bangun pagi.

………

“Gue pasti terlambat lagi. Padahal gue udah usahain buat nggak terlambat, tapi,,gue tetep aja terlambat,apa yang salah sih sama diri gue ??? “

Debi menggerutu sendiri dengan dirinya, dia selalu saja terlambat. Begitu juga sekarang. Jadwal sekolahnya bertambah, yaitu menyapu halaman sekolah setiap hari. Sebagai hukuman dari keterlambatannya. Mungkin penjaga sekolah juga telah hafal dengan Debi, yang selalu membantunya menyapu halaman setiap pagi.

“ Pagi miss late !!! “ suara Rangga mengejutkan Debi yang tengah asik melamun.

“Loe tu ya, pagi-pagi udah ngejutin orang, jantungan tau !! “ Debi cemberut.

“Loe kalau cemberut gitu tambah manis deh Deb “ Rangga mulai dengan rayuaannya.

“Udah deh ngga, masih pagi, jangan mulai ngerayu, loe ngapain kesini ??”

“Gue pengen ganggu loe ja, habisnya loe ngapain bengong pagi-pagi gini ??”

“Gue lagi mikirin nasib gue nih” Debi berjalan ke bangku taman di belakangnya.

“Emang kenapa nasib loe ??” Rangga masih belum nyambung juga.

“Kebiasaan gue yang terlambat terus ini. Kalau selama sekolah disini gue terus terlambat, bisa-bisa predikat gue jadi tukang sapu sekolah, bukan siswa” Debi mengutarakan isi hatinya pada Rangga.

“Hm…trus loe mau apa sekarang ??” Rangga malah bertanya pada Debi

“Ya… gue pengen gue nggak terlambat lagi lah”.

“Trus, apa lagi yang loe tunggu, lakukan lah”.

“Tapi gue selalu nggak bisa. Gue selalu terbawa dengan kebiasaan itu, sulit banget kayaknya gue bisa berubah, seperti sesuatu yang nggak mungkin !!” Debi malah jadi emosi.

“Nggak ada yang nggak mungkin Deb. Asal loe bener-bener mau untuk berusaha, gue yakin loe bisa Deb” Rangga berusaha meyakinkan Debi.

Thanks ya Ngga, loe udah nyemangatin gue” Debi tersenyum.

“Sama-sama” Rangga balas tersenyum.

Tapi itu nggak berapa lama, karna mereka berdua dikejutkan dengan kedatangan Lala, yang datang bersama Boby.

“Hayo !!! ngapain kalian berdua-duaan disini, kalian pacaran ya ??” Lala mengejutkan mereka berdua.

“Enak aja, “ Debi sewot dibilang pacaran sama Rangga oleh Lala.

“Trus ngapain kalian disini berduaan??”

“Emang kalau duduk berdua itu artinya pacaran apa, kan bisa aja lagi diskusi gitu “ Debi berusaha membela.

“Ya deh,,sorry sorry,” Lala duduk di samping Debi,” emangnya loe berdua lagi  pa sih ?? serius banget kayaknya ??” Lala melanjutkan.

“ Iya, loe kayaknya serius banget sob ??” Boby  ikut bertanya pada Rangga.

“Ini masalah gue guys,,” Debi kembali murung.

“Masalah apa ??” Lala bertanya kembali, sambil membelokan badannya menghadap Debi, dan dengan tampang yang lebih serius.

“ Soal Debi yang selalu terlambat ini,” kali ini Rangga yang menyela pertanyaan Lala

“Owh,,,” Lala dan Bobi sama-sama ber oh an, trus mangut-mangut bareng.

“Menurut kalian apa sih solusinya buat gue ??” Debi meminta pendapat Lala dan Bobi.

“ Ya,,,gampang,loe berubah aja” Bobi dengan santainya memberikan pendapatnya.

“Gue tau gue musti berubah, tapi itu susah  banget gue lakuin”

“Mungki loe belum sungguh-sungguh aja kali Deb “ Lala berpendapat.

“Mungkin bener juga kata loe. Gue kurang bersungguh-sungguh.” Debi menunduk, ia benar-benar menyesali kebiasaan buruknya ini. Melihat itu, Lala pun sedih melihat sahabatnya.

“Gimana kalau kita sama-sama berusaha buat tolongin Debi ???” ide Lala.

“Maksud loe ?” Bobi dan Rangga berkata bersamaan.

“Ya… setiap pagi kita selalu kontrol Debi untuk nggak terlambat lagi. Dengan begitu gue yakin Debi nggak bakal terlambat lagi” ucap Lala meyakinkan.

“Boleh juga ide loe, tapi loe setuju nggak Deb ??” Rangga berbalik menanyakan Debi yang termenung.

“Gue bakal lakuin apa aja, agar gue nggak terlambat. Dan nggak jadi tukang kebun lagi setiap pagi.”Debi menjawab pasrah.

“Oke…kita mulai besok pagi “ Ucapan Lala mengakhiri diskusi mereka. Mereka akan bersama-sama membuat Debi tak menjadi miss late lagi.

…..

Pagi-pagi sekali Lala sudah datang ke rumah Debi. Gadis itu mulai menjalankan misi yang mereka sepakati kemarin. Merubah Debi tak menjadi  miss late lagi. Setelah meminta izin pada mama Debi ia lansung menuju kamar Debi.

“Debi…bangun, udah siang.” Suara keras Lala mengejutkan Debi yang lagi tidur.

“apa-apaan sih loe, pagi-pai udah teriak, berisik tau ! “

“hehehe…sekarang cepet bangun trus mandi,  trus pergi ke sekolah, trus..” Debi tak mendengarkan kata Lala. Ia kembali menarik selimutnya, mencoba tidur kembali.

“ye…kok loe tidur lagi. Buruan  mandi, nanti loe terlambat lagi.” Lala menarik selimut Debi. Mencoba membangunkannya. “ayo Deb… bangun ! ‘’ kali ini Lala menarik tangan Debi. Karena telalu kuat menarik tangan Debi. Debi jatuh dari tempat tidurnya.

“aduh!, “ Debi mengaduh sakit, karena kepalanya terbentur lantai.

sorry..sorry..gue nggak sengaja. Habisnya loe nggak bangun-bangun sih.” Wajah Lala menunjukan kecemasan.

“iya-iya, gue bangun, oke !” Debi beranjak dari tidurnya menuju kamar mandi. Lala kemudian membereskan tempat tidur Debi.

“loe emang harus diubah Deb, terutama cara hidup loe yang super duper santai and lelet ini.” Lala hanya tersenyum penuh arti rahasia sambil membereskan kamar Debi.

…..

“wes… tumben nih, miss late datang pagi.” Edo menyapa Debi dan Lala di depan kelas.

“eh… dengar ya, mulai sekarang gue nggak miss late lagi. Karena gue udah nggak telat lagi”

“belagak loe, baru juga sekali.” Edo tambah memanas-manasi perasaan Debi.

“udah deh, nggak usah didengerin Deb.” Lala menarik tanagn Debi untuk masuk kelas.

Di kelas pun, teman-teman terkejut melihat Debi datang pagi. Tak seperti biasanya. Miss late datang pagi. Keterkejutan itu berlanjut sampai siang. Debi benar benar berubah, meskipun itu masih dalam pengawasan Lala yang selalu mengingatkannya. Tapi, banyak orang yang merasa aneh dengan perubahan itu

Hari itu tukang kebun tak ada yang menolong untuk menyapu halaman sekolah. Karena Debi tak terlambat. Pak Ferdi hari ini juga tidak marah-marah lagi. Hari ini hari yang sangat menyenangkan bagi Debi. Karena hari ini ia tak ada dimarahi atau letih lari-lari dari pagar sekolah ke kelas.

“Gue seneng banget hari ini. Thanks ya la, loe memang sahabat terbaik gue” Debi memeluk Lala.

“Hmm… sama-sama Deb. Tapi loe jangan seneng dulu. Ini baru hari pertama loe berubah”

“Yups bener banget, kalau loe kayak hari ini terus, gue yakinn gelar miss late loe bisa dibuang dari diri loe “ Rangga menyambung pembicaraan mereka.

“Kapan loe datang ??” Debi heran melihat Rangga dan Bobi sudah berada didekat mereka.

“Udah adri tadi lagi, Cuma kalian aja yang nggak nyadar kalau kita ada disini, ya kan ngga ?’

“Bener…” Rangga menyahuti pertanyaan Bobi.

Mereka asyik membicarakan perubahan Debi hari itu. Dan keterkejutan orang-orang disekolah atas perubahan Debi.

……

Hari berikutnya perubahan Debi meningkat. Ia tak hanya tak terlambat lagi, tapi sekarang semua kegiatan yang dilakukan dihidupnya telah terdaftar dengan rapi. Daftra itu akan mengatur kegiatan Debi setiap harinya.

Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Kebiasaan itu membuat mamanya senang. Karena Debi tak menjadi anak bandel lagi, yang sulit diatur. Debi telah berubah menjadi anak yang baik. Disiplin dengan waktu yang ia punya. Tak mau menyia-nyiakan waktu yang ia miliki.

…..

“Pagi deb… serius banget “ sapa Lala yang datang bersama Rangga dan Bobi.

“Iya, keluar balik yuk udah sore nih” Rangga mengajak mereka pulang.

“Gimana kalau kita jalan-jalan ke taman dulu, besok nggak ada PR kan “ ajak Bobi

“Wah seru tu, ide yang bener-bener bagus. Loe mau kan Deb ??” Tanya Lala pada Debi yang diam saja dari tadi.

Sorry deh La, gue nggak bisa…” Jawab Debi biasa saja.

“Kok nggak bisa ?” Tanya Lala.

“Gue sore ini mau fokus belajar” ucap Debi.

“Tapi besok kan nggak ada PR atau ulangan Deb “ Rangga menyanggah perkataan Debi.

“Iya sih emang nggak ada ulangan, tapi kita harus tetap belajar kan,”

“Oke deh, kalau sore ini mggak bisa, gimana kalau nanti malam kita makan malam bareng. Buat ngerayain keberhasilan Rangga. Novel yang dia buat udah diterbitin lho! “

“Gue juga nggak bisa” Debi menolak lagi

“Kenapa lagi ??” Lala terheran.

“Nanti malam gue ada kursus matematika di rumah, jadi gue nggak bisa juga”

“Loe kan bisa bolos sekali Deb “ saran Bobi.

“Enak aja loe, bolos, gue nggak mau bolos. Di dalam daftar harian gue, nggak ada yang namanya bolos. Jadi gue nggak akan melakukan itu. Gue udah janji sama didi gue sendiri, akan mengatur hidup gue secara teratur. Kalian sendiri kan yang mengajarkan tentan itu “ Debi mengingatkan mereka tentang misi mereka mngubah Debi tidak menjadi miss late lagi.

“Iya sih. Tapi loe juga butuh hiburan lagi, udah berapa bulan ini loe nggak pernah lagi gabung sama kita kalau jalan-jalan. Masa loe nggak aa waktu buat temen-temen loe ?” sanggah Lala.

“Maaf deh. Gue benar-benar nggak bisa. Lain kali aja ya. Mungkin lusa. Gue nggak ada kegiatan. Oke !. gue cabut duluan ya !” Debi bangkit dari duduknya. Kemudian pergi meninggalkan tiga temannya yang keheranan.

“Kayaknya kita bukan hanya merubah Debi tidak menjadi miss late lagi deh, tapi sudah membuatnya menjadi miss discipline !” ucapan Lala membuat Rangga dan Bobi mangut-mangut tanda setuju. Mereka memandangi kepergian Debi dengan wajah sedih.

Sedih karena Debi terlalu over dalam mengatur hidupnya agar tak lelet lagi. Itu membuat Debi kehilangan dirinya yang sebenarnya. Mereka tak menemukan Debi yang dulu lagi. Misi mereka memang berhasil menjadikan gelar miss late hilang dari diri Debi. Tapi ada gelar baru yang melekat pada diri debi. Yaitu miss discipline. (Linda Gusnita, siswa MA-KM Kauman)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline