Lihat ke Halaman Asli

Spedupa Blog

Instansi pendidikan berbagi edukasi di bidang sekolah menengah pertama

Best Practice Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Start

Diperbarui: 20 Agustus 2023   18:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi kegiatan SMPN 24 Semarang

Oleh : Dyan Yuni Rachmawati, S.Psi

Peserta didik di zaman era digital saat ini perlu memahami dampak positif dan negatif penggunaan media sosial. Akan tetapi masih banyak peserta didik yang belum mampu memahami dampak negatif dari pergaulan bebas dikalangan remaja serta penggunaan media sosial secara bijak. Fenomena tersebut menjadikan alasan dasar Bimbingan Konseling melaksanakan layanan terutama fungsi layanan pemahaman. Upaya ini sebagai langkah preventif agar tidak ada kejadian yang mengakibatkan peserta didik terjerumus ke dalam pergaulan yang tidak sehat terutama free seks dikalangan remaja serta tersangkut dalam UU ITE karena kekurang pahaman siswa dalam penggunaan media sosial.

Praktik ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru BK dalam melakukan layanan secara inovatif dan menarik bagi peserta didik di sekolah. Dalam kegiatan ini tanggungjawab guru adalah memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai dampak dari pergaulan bebas, melakukan penilaian pada praktik ini, dan mendokumentasikan proses pelaksanaan praktik.

Setelah melakukan refleksi diri pada kegiatan ini terdapat beberapa tantangan diantaranya adalah kemampuan dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses layanan klasikal masih merasa malu. Pihak yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah peserta didik kelas 9F, guru mitra dan tim dokumentasi serta pihak yang terlibat tidak langsung ialah kepala sekolah, dosen pembimbing dan guru pamong.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan dalam kegiatan ini adalah melibatkan diri secara aktif, mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan, memberikan layanan klasikal dengan metode yang menarik, memberikan stimulus kepada peserta didik agar lebih aktif dalam mengikuti layanan dan aktif dalam mencari informasi dari berbagai literatur.

Melalui kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat menghindari dampak negatif dari pacaran dikalangan remaja, peserta didik merasa senang mengikuti kegiatan bimbingan klasikal.

Demikian artikel kegiatan best practice bimbingan klasikal ini dibuat, semoga menginspirasi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline