Lihat ke Halaman Asli

SMP INDAHMAKMUR

SMP INDAH MAKMUR

Giat Hari Kehutanan Sedunia Bersama SMP Indah Makmur dan SDS Harapan Sejahtera

Diperbarui: 24 Maret 2024   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama dalam acara Hari Hutan Sedunia. Sumber: SMP Indah Makmur.

Sabtu, 23 Maret 2024 SMP Indah Makmur dan SDS Harapan Sejahtera mengadakan kegiatan Hari Kehutanan Sedunia. Peringatan Hari Kehutanan Sedunia ini dilaksanakan di Waduk Basecamp PT. GSDI -- GSYM. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk melestarikan, menghijaukan, dan merawat lingkungan di sekitar terutama lingkungan hutan yang menjadi pusat ekosistem untuk flora dan fauna bertahan hidup. Pelestarian, penghijauan, dan perawatan tumbuhan terutama yang ada di dalam hutan atau lingkungan sekitar menjadi salah satu hal yang perlu di giatkan agar kelak anak cucu generasi bangsa dapat menikmati keindahan dan keasrian hutan Indonesia.

Penanaman bibit tanaman endemik di waduk Basecamp  oleh Bapak Wanwan selaku ADM PT. GSDI-GSYM. Sumber : SMP Indah Makmur. 

Foto ketika kepala SMP Indah Makmur Bapak Catur Suharsono dan pewakilan siswa dalam menanam bibit tanaman endemik. Sumber : SMP Indah Makmur.

Kegiatan pelestarian, penghijauan dan perawatan menjadi salah satu tanggung jawab bersama antara pemerintah, lembaga yang terkait, dan masyarakat. Apabila tanggung jawab dalam menjaga ekosistem hutan dilakukan secara bersama-sama maka kegiatan perusakan hutan dapat dicegah mulai dari mengambil tanaman langka, menebang pohon secara sembarangan, pembakaran hutan secara liar, dan lainnya. Menjaga hutan agar tetap asri juga membantu menyeimbangkan ekosistem yang ada di muka bumi dan mencegah terjadinya bencana seperti tanah longsor, banjir, dan lainnya. Kegiatan Hari Kehutanan Sedunia yang diadakan oleh SMP Indah Makmur dan SDS Harapan Sejahtera ini di ikuti oleh Bapak Asistem CSR PT. GSDI- GSYM, Kepala SMP Indah Makmur, Kepala SDS Harapan Sejahtera, Bapak Ibu dewan guru dari SMP Indah Makmur dan SDS Harapan Sejahtera, serta perwakilan siswa siswi dari SMP Indah Makmur dan SDS Harapan Sejahtera.

Foto ketika Bu Isna selaku perwakilan guru SMP Indah Makmur dan pewakilan siswa dalam menanam bibit tanaman endemik. Sumber : SMP Indah Makmur.

Acara berlangsung dari pukul 7.30 WIB hingga pukul 09.30 WIB, selama kegiatan berjalan dengan lancar dan kondusif semua panitia dan peserta mengikuti kegiatan dengan antusias. Walaupun kegiatan di laksanakan pada bulan puasa tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat peserta yang mengikuti kegiatan penanaman bibit endemik. Antusias terlihat ketika proses penanaman bibit endemik berlangsung di lingkungan sekitar waduk Basecamp PT. GSDI-GSYM. Harapan kedepannya kegiatan ini dapat terus terselenggara, tidak hanya pada saat peringatan hari kehutanan sedunia, tetapi rutin diadakan sebulan sekali baik pelestarian, penghijauan, dan perawatan flora dan fauna di lingkungan sekolah ataupun di luar lingkungan sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline