Lihat ke Halaman Asli

3 Gejala Katarak Mata yang Harus Diperhatikan

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1400216969880618166

Jika kita bicara soal penyakit katarak, maka kita sedang membicarakan penyakit mata yang paling sering menyebabkan kebutaan pada banyak saudara anda di Dunia. Banyak yang bilang, katarak akan menyerang setiap orang di masa tuanya. Katarak di negara beriklim tropis banyak dijumpai. Mungkin, karena itu, Indonesia menjadi negara dengan penderita katarak mata terbesar se-Asia tenggara.
Disini akan mengungkap singkat soal apa yang disebut dengan katarak, apa gejalanya, dan bagaimana cara menyikapinya.

Katarak mata akan menyabebkan lensa mata tidak bening lagi dan tembus cahaya. Artinya, penderita katarak tidak akan dapat melihat dengan jelas, buram bahkan di sebagian kasus tidak buram, tapi, sangat keruh, sampai-sampai tidak dapat melihat sama sekali. Saat melihat, seperti melihat kabut. Sudah pernah membayangkan ? Sekarang, silahkan anda bayangkan. Itu bukan sesuatu yang nyaman.

Penyebab katarak sendiri adalah kekeruhan pada bagian lensa mata. Kekeruhan dapat disebabkan oleh Efek sekunder dari diabetes, Kecelakaan, Faktor usia, Faktor Genetika dan lain-lain.


Lalu, apa gejala-gejala yang tampak dan dapat kita lihat ?

Ada beberapa gejala yang dapat kita cermati yaitu,


  • Penglihatan seakan-akan berkabut- Ini karena bercak putih yang muncul pada lensa. Jika lensa bening, maka pandangan akan jelas. Jika ada bercak putih, pandangan tidak akan jelas.
  • Pandangan ganda dalam satu mata- Pandangan berganda ketika melihat dengan satu mata saja. Ini juga tanda-tanda katarak.
  • Ada bercak putih pada daerah pupil (bagian tengah warna hitam)- Bercak putih ini-lah yang menyebabkan lensa mata menjadi buram.


Kadang-kadang, di fase-fase awal, seorang penderita katarak sering ganti resep kacamata sebelum dia tau bahwa dia sedang menderita katarak. Selain itu, mereka juga sulit melihat di malam hari dan peka terhadap cahaya/silau.

Seperti itulah gejala-gejala katarak yang perlu diperhatikan. Apa yang harus dilakukan ketika anda mengalami gejala-gejala di atas ? Jawabannya hanya satu, segera bawa ke dokter. Lebih cepat lebih baik. Kehilangan pengelihatan dapat terjadi ketika tidak ditangani dengan cepat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline