Lihat ke Halaman Asli

Santana

Mahasiswa

Kedatangan Timnas Israel ke RI, Menuai Banyak Soratan dari Berbagai Kalangan

Diperbarui: 26 Maret 2023   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pict : dokpri

Pandeglang- Minggu ( 26/03/2023 ) , Kedatangan Timnas Israel U-20  ke Indonesia  Menuai Pro dan kontra dari berbagai kalangan, seperti Penolakan tersebut datangnya dari , 

Gubernur  Bali, I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranomo, Menyatakan ,  Menolak Kehadiran Timnas Israel dalam gelaran Piala dunia U-20, Bahkan  Gubernur Bali, I Wayan Koster bahkan mengirimi surat ke Kementerian Pemuda dan Olahraga, dalam isi suratnya menolak Bali dijadikan salah satu Tuan Rumah U-20 Karena Ke ikutsertaan Israel.

" Kami menyampaikan sudut pandang bahwa kebijakan politik israel terhadap palestina yang tidak sesuai dengan kebijakan politik Pemerintah Republik Indonesia, yang sampai saat ini masih menjadi masalah serius politik regional, Tulis I Wayan Koster dalam Surat tersebut."

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranomo, " Menurutnya, Sikap itu merupakan Wujud Komitmen bersama dalam upaya kemerdekaan palestina sesuai amanat Presiden RI pertama, Soekarno".

" Kita sudah tahu Bagaimana komitmen Bung Karno terhadap palestina, baik disuarakan dalam konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya ikut amanat Beliau", Ujarnya.

Dan penolakan lainnya juga di suarakan oleh berbagai pihak seperti MUI, Muhammadiyah, DDII hingga Kalangan DPR,

Dilansir dari laman resmi PKS, Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini, Mengatakan ,"Bukankah sebuah penghianatan atas amanat konstitusi dan perjuangan kita bersama selama ini jika kita membuka kerjasama dengan negara israel termasuk dalam olahraga?" 

 Jika melihat Aturan FiFA  dalam aturan pertandingan atau Low Of Game yang dirilis IFAB pada pasal 4 bab 5, melarang adanya campur tangan politik yang di bawa ke sepak bola. 

" Tidak boleh memiliki slogan, pernyataan, atau gambar politik, agama, atau pribadi. Pemain tidak boleh memperlihatkan pakaian dalam yang menunjukan slogan politik, agama, pribadi. Pernyataan atau gambar, atau iklan selain dari logo pabrikan. Untuk setiap pelanggaran pemain dan/atau tim akan dikenakan sanksi oleh penyelenggara kompetisi , asosiasi sepak bola nasional atau oleh FIFA".  Low Of Game yang dirilis IFAB pada pasal 4 bab 5.

Meski belum ada konfirmasi sanksi apa yang di terima jika Timnas Israel di tolak, ada dua hal yang mungkin dilakukan FIFA jika Penolakan itu terjadi.  Yang pertama , Pencabutan Status Tuan Rumah , Yang Kedua , Indonesia Tidak akan bisa mengajukan Menjadi tuan rumah berbagai event FIFA lagi. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline