Lihat ke Halaman Asli

Angkutan Pelajar Ceria Siap Antar Jemput Pelajar di 5 Titik

Diperbarui: 25 September 2018   16:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Angkutan Pelajar Ceria yang disediakan pemko Banjarmasin secara gratis.

Komplek pelajar Mulawarman, menjadi titik akhir 5 rute Angkutan Pelajar Ceria yang disediakan pemko Banjarmasin secara gratis, yang diluncurkan bertepatan dengan puncak hari jadi ke -- 492 kota Banjarmasin. Kelima rute tersebut adalah Handil Bakti -- Mulawarman, Sungai Andai -- Mulawarman, Ahmad Yani -- Mulawarman, Kelayan -- Mulawarman dan Belitung -- Mulawarman.

Kepala Dinas Perhubungan kota Banjarmasin -- Ichwan Noor Chalik mengatakan, dipilihnya kawasan Mulawarman menjadi titik akhir rute angkutan pelajar ceria adalah karena alasan banyaknya sekolah yang berada di daerah tersebut. Untuk masing -- masing rute, pihaknya menyediakan 2 unit angkutan, dengan kapasitas belasan pelajar untuk 1 unit angkutan. 

Sementara itu, walikota Banjarmasin -- Ibnu Sina mengatakan, angkutan pelajar ceria sudah dapat dimanfaatkan pelajar mulai awal bulan depan. Ia berharap, dengan adanya penyediaan angkutan pelajar ceria ini dapat mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas di jalan raya, terutama dari kalangan pelajar.

Selain itu, keberadaan angkutan yang dulunya merupakan taksi kuning tersebut, dapat mengurangi penggunaan sepeda motor oleh pelajar di bawah umur yang nonabene belum memiliki Surat Izin Mengemudi -- SIM. Ia meyakinkan kepada orang tua untuk tidak ragu menggunakan fasilitas tersebut, karena angkutan yang digunakan dijamin lebih aman dan nyaman dibanding harus menggunakan kendaraan pribadi.

Supir Angkot Pelajar Ceria yang sebelumnya merupakan supir angkot atau taksi kuning, nantinya akan menggunakan seragam Dinas Perhubungan ketika mengantar dan menjemput para pelajar di sekolahnya. Status para supir angkutan pelajar itu akan berubah menjadi pegawai honorer, dan berhak menggunakan seragam instansi yang bersangkutan. (Rz)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline