Setelah proses perbaikan kebocoran pipa air baku di jalan Gubernur Syarkawi rampung, pelanggan PDAM Bandarmasih akhirnya kembali menerima distribusi air bersih sejak Minggu malam lalu (17/02). Di mana sebelumnya, aliran air bersih ke pelanggan yang berada di wilayah Banjarmasin Timur dan Selatan dan sebagian Utara dan Barat, mengalami mati total akibat bocornya pipa berdiameter 1.200 Milimeter tersebut.
Kepada sejumlah awak media, Dirut PDAM Bandarmasih -- Yudha Achmadi mengakui, saat ini pendistribusian air bersih ke pelanggan belum sepenuhnya normal, terkecuali untuk hotel, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya. Ia memperkirakan, distribusi air bersih ke pelanggan di wilayah pinggiran baru akan normal 3 hari pasca perbaikan kebocoran pipa rampung.
Selama masa pemulihan, pihaknya menggratiskan layanan tangki air bagi masyarakat yang masih memerlukan air bersih hingga pendistribusian kembali normal. Hal itu menurut Yudha, merupakan instruksi langsung dari walikota Banjarmasin -- Ibnu Sina, sebagai bentuk keprihatinan kepada masyarakat yang mengalami kesusahan dalam mendapatkan air bersih.
Warga yang memerlukan layanan tangki air bersih tidak perlu lagi menunjukan surat pengantar dari Ketua RT, RW atau Kelurahan, namun cukup menghubungi kontak person Yamani di nomor 085348487370, atau Syahril di 081255763905. (Rz)
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI