Lihat ke Halaman Asli

irma essanovia

Ibu Rumah Tangga yang Berkarya

Penipuan Berdalih BB dan Laptop Murah

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13256064981538413302

Beberapa waktu yang lalu Adikku ngebet banget pengen beli BB.

“Ya udah kumpulin aja dulu uangnya, kalau udah cukup baru deh beli, kali aja...pas uangnya cukup BB yang diidamkan harganya juga turun” kataku menenangkannya. Karena ternyata yang membuat ABG galau tidak hanya masalah jerawat atau patah hati...tapi juga menginginkan BB dalam waktu yang singkat.

“Pokoknya harus cepet-cepet” Ujarnya setengah menggerutu+merengek...

Ternyata oh ternyata...Punya BB adalah salah satu resolusinya di tahun 2011 yang belum tercapai. Pantas saja, keukeuh...HARUS cepet-cepet.

Kalau aku sih karena lagi nyari Notebook yang murah biar bisa menulis kapan saja, di mana saja, tanpa harus nyari colokan kabel kaya sekarang (maklum lap top yang sekarang aku pakai spertinya LCD nya kena, batrenya juga udah drop jadi...aku ga bisa ke mana-mana, Harus selalu mojok di ruang komputer karena komputerku pake 2 layar dan Cargernya harus manteng terus ke kabel.)..Selamat membayangkan...:)

Huft...Tidak baik mengasihani diri sendiri! :) Jadi...ya karena kebutuhan, aku harus cari  Notebook lah...setidaknya...

Ketika aku sedang mengerjakan tulisanku...tiba tiba Hp ku berbunyi...Tanda SMS masuk.

“Tumben malem-malem..ah palingan juga dari operator...atau entah siapa...yang tiba-tiba minta ditransfer uang ke rekeningnya...” maklum, modus sms mama minta pulsa atau papa minta pulsa udah mulai enggak musim...diganti jadi minta transferan uang..(udah naik level x yah..hehehe..)

Isi SMS nya begini:

“BB/Laptop murah, discount hingga 75% klik alamat web: www.sinarxxxxx.web...” Yah...kurang lebih seperti itu lah..

Dalam hati aku berpikir:

“Hmmm..ini orang peramal kali ya...tahu aja klo lagi nyari BB sama Lap Top murah..hi...serem”

Karena kebetulan sambil On-line, langsung saja ku ketik alamat itu. Duew!!

Bener aja...Gila...Meyakinkan...sampe ada testimonialnya segala, gambar barang lengkap, termasuk dus-dusnya diliatin dengan foto yang banyak banget. Ni orang pasti profesional banget bikin web atau blog...Semua tampak meyakinkan. BB Gemini aja harganya Cuma Rp 1.050.000,-. Notebook merk tertentu yang aku incer juga harganya ga nyampe 2 juta...Dahsyat...

Setelah berdiskusi dengan suamiku yang tak berani ambil resiko dengan membeli barang black market apalagi hasil colongan, niat beli On-line di situ ku urungkan. Tapi....masih sempet...aja kepikiran...biar adikku aja yang beli BB dari situ, klo ternyata Ok..terjamin, ga ada unsur penipuan, Ga BM, baru aku juga menyusul belanja On-line di  situs itu. (Jahat juga yah...mau jadiin adik sendiri umpan...hehe...baru kepikiran..belum sampai terwujud)

Karena belum apa-apa adikku langsung bilang:

“Pasti BM..ntar pin nya pasti depannya 3...ga mau ah...malu tau...”

Aku aja baru ngeh klo BB yang depannya 3 itu Ilegal..Maklum akhir-akhir ini tidak begitu tertarik mengikuti dunia gadget. Abisnya suka sakit hati, pengen beli tapi dompetku tak sanggup...hihihi..

Tapi rasa penasaran itu selalu menggelitik aku untuk melihat lagi dan melihat lagi itu website...memang Godaan Syaiton.

Tapi ternyata beberapa hari terakhir menjelang 2012...Web itu sudah tidak bisa diakses lagi. Untung....aja...ga jadi beli...

Dalam hati ku bersyukur. Adikku akhirnya beli BB baru di toko HP langgananku di BEC, pin nya bukan 3 tapi 2...hehe.. Lalu iseng googling tentang penipuan berkedok BB dan laptop murah ini. Ternyata kasusnya sudah banyak...banyak sekali  yang sudah menjadi korban...Nama web nya macam-macam, mulai yang gratisan sampai yang ngemodal dikit. Ada yang mengaku dari batam, sampai memperlihatkan kartu Identitas yang memastikan bahwa dia tinggal di Batam segala.

Rata-rata modus nya sama, walaupun transfer tujuan rekeningnya berbeda-beda. Ciri-cirinya:

  • Di web nya ada tulisan chat with me tapi ga bisa di kilk, alias Cuma aksesoris aja, tidak berfungsi.
  • Tidak ada alamat pasti  perusahaan ybs, walaupun ada pasti mengaku dari Batam/nagoya. Sampai ada web penipu ini yang niat memasukan bukti-bukti kiriman barang entah milik siapa yang dia up-load di websitenya.
  • Garansi yang diberikan ½ tahun.
  • Cara transaksinya sms/tlp kasih kita kasih info alamat dan nama lengkap, jenis BB atau lap top yang ingin dibeli, transfer DP 50% + Ongkos kirim. Kalau sudah transfer konfirmasi, dan setelah itu...uang hilang, barang pun tak kunjung datang., tidak ada konfirmasi lagi, no hp itu tidak bisa dihubungi lagi.

Itu beberapa karakteristik modus penipuan berbelanja On-line dengan dalih BB dan Lap to murah yang memang marak akhir-akhir ini. Rata-rata semuanya seperti itu. Atau... Anda punya pengalaman atau informasi  lain?

Kepintaran tanpa EQ/SQ yang baik justru memang malah mencelakai banyak orang. Sebagai pembeli kita harus lebih jeli dan waspada. Alih-Alih ingin berbelanja praktis, hemat waktu, dan uang justru malah membuat uang kita melayang ke tangan-tangan pencuri-pencuri licik itu.

Lebih baik kita cari aman saja. Bertransaksi On-line di Toko-Toko On-line yang sudah terpercaya. Tentunya yang tidak memiliki ciri-ciri transaksi yang saya sebutkan tadi. Biarlah lebih mahal tapi Anda puas dan pastinya barang yang Anda beli dengan uang halal Anda, dengan hasil keringat Anda menjadi berkah untuk Anda dan pekerjaan Anda. WaspadaLah Yaw dalam berbelanja On-line!!! Selamat berburu BB dan Lap Top Murah di Tempat belanja On-Line yang aman ;)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline