Lihat ke Halaman Asli

Ala Bisa Karna Biasa Dilakukan

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bisa saja banyak ide di dalam kepala dan itu hanya tinggal ide dan tidak menjadi tulisan sampai kapan pun. Dan kalau sudah biasa seperti itu maka satu kalimat tulisan pun tidak akan tercipta. Jika hari demi hari itulah yang aku lakukan dan menjadi kebiasaan maka sungguh berat ketika akan mengubah kebiasaan itu. Maka akan sulit untuk duduk di depan komputer dan mulai menulis. Apalagi kebiasaan hanya berangan-angan tanpa menuliskan ini sudah aku lakukan sejak lama maka akan semakin sulit untuk mengubahnya.

Itulah namanya kebiasaan. Apa saja yang aku lakukan dan terus menerus melakukannya maka itulah menjadi pola aktivitas baik fisik maupun pikiran. Seperti yang sudah sekian tahun ini aku tidak menulis satu cerpen pun dan itu adalah hasil dari kebiasaan. Bisa saja kebiasaan beralasan sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak ada waktu untuk menulis. Bahkan belakangan ini untuk menulis jurnal saja sudah amat berat secara rutin seperti dulu padahal kalau aku ingat betapa banyak manfaatnya maka seharusnya aku tetap menulis. Akan tetapi seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, kebiasaan itulah yang menguasai tingkah laku. Walau pun aku tahu bahwa menulis itu penting akan tetapi sudah terbiasa tidak menulis maka akan susah untuk menulis kembali.

Jadi apakah aku harus menyerah pada kebiasaanku yang sudah begitu mengakar? Jika aku mau berubah dan mempunyai keinginan kuat untuk menulis maka aku tidak akan menyerah. Caranya dengan berusaha keras dengan melakukan kebiasaan baru yang aku inginkan. Jika hendak menulis maka aku harus mulai menulis setiap hari secara rutin dan tetap berusaha untuk menulis walau terasa sungguh sulit karena sudah terbiasa dengan berbagai alasan dan sudah terbiasa malas.

Jadi dalam bidang apa pun hendaknya kita sebagai manusia mengerti tentang baik buruknya kebiasaan. Artinya kalau kita ingin menjadi manusia yang lebih baik maka lakukanlah kebiasaan yang baik dengan merubah semua kebiasaan buruk. Gantikalah kebiasaan malas dengan bangkit dan mengerjakan suatu hal yang berguna. Gantilah kebiasaan malas menulis dengan banyak alasan dengan langsung menulis. Ingat semakin sering dilakukan maka itulah yang secara tidak sadar menjadi pola hidup kita sehari-hari. Ketika kita sudah terbiasa melakukan hal-hal yang baik maka kita akhirnya menjadi manusia yang susah kembali pada kebiasaan buruk walau ada kesempatan sekali pun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline