Lihat ke Halaman Asli

Zaenal Abidin

Guru SMA Negeri 1 Dempet

Pengembangan Kurikulum Merdeka melalui Program Sekolah Adipangastuti SMA Negeri 1 Dempet

Diperbarui: 12 Juli 2024   23:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media Officer Adipangastuti SMA Negeri 1 Dempet

Dalam rangka menyambut Tahun Ajaran 2024/2025 SMA Negeri 1 Dempet Menyelenggarakan IHT (In House Training) dan melakukan sosialisasi program Sekolah Adipangastuti yang mana sekaligus ditetapkan sebagai Branding Sekolah.

Berdasarkan surat MOU tanggal 29 Mei 2024 yang mana surat tersebut berisi tentang kesepakatan antara Solo Bersimfoni dengan SMA Negeri 1 Dempet yang mana menyatakan bahwa SMA Negeri 1 Dempet mendapat predikat sebagai sekolah adipangastuti dalam jangka waktu 5 tahun kedepan mulai tahun 2024 sampai dengan tahun 2029. Sekolah adipangastuti adalah sekolah yang menginisiasi budaya - budaya lokal jawa yaitu Hasthalaku yang diimplementasikan disetiap kegiatan pemebelajaran disekolah.

Sekolah adipangastuti sebagai branding  SMA Negeri 1 Dempet merupakan program character building dengan cara mengimplementasikan Hasthalaku atau delapan perilaku budaya jawa yaitu : Guyub Rukun, Gotong Royong, Grapyak Semanak, Lembah Manah, Ewuh Pekewuh, Pangerten, Andhap Asor, Tepa Selira dalam setiap kegiatan sekolah baik kegiatan Intrakurikuler, Ko-kurikuler maupun Ekstrakurikuler untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki profil pelajar pancasila.

Dibalik program sekolah adipangastuti yang mengimplementasikan Hasthalaku kesetiap kegiatan sekolah memiliki manfaat yang cukup besar dan berkelanjutan bagi peserta didik diantaranya :

1.Meningkatkan lingkungan pendidikan yang kondusif serta kualitas kehidupan dilingkungan lembaga pendidikan yang tumbuh dan berkembang berdasarkan spirit dan nilai -- nilai budaya adiluhung
2.Menjadikan sekolah sebagai komunitas yang mampu menciptakan cara-cara atau teknik membangun kohesi social yang menyenangkan.
3.Tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang pemeliharaan nilai -- nilai budaya lokal yang mendukung toleransi dan kehidupan yang baik serta berbudaya.
4.Implementasi sekolah adipangastuti dapat menjadi sebuah model sekolah unggulan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline