Lihat ke Halaman Asli

Internet Gratis Untuk Peduli Sungai Gajah Wong

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14185296992142891893

Sekilas mengenai judul diatas, mungkin pembaca bertanya-tanya, dimana sih letak sungai gajah wong tersebut?

Baiklah,  sungai gajah wong merupakan sungai yang berada di daerah Yogyakarta, tepatnya di sekitar kampus saya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Saya belum tahu pasti mengapa sungai ini dinamakan dengan sungai gajah wong. Sungai ini berada tepat diantara kampus dan permukiman penduduk, dan tak heran banyak orang khususnya penduduk sekitar pemukimana bantaran Sungai Gajah Wong yang memanfaatkan keberadaan sungai ini untuk menunjang aktivitas mereka.

Beberapa tahun ini, sungai gajah wong dikenal termasuk sungai yang tercemar, aktivitas penduduk sekitar yang memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan ke sungai ini ditengarai sebagai pemicu tercemarnya sungai gajah wong ini. Jika ingin tahu, rata-rata masyarakat sekitar pemukiman sungai gajah wong ini terpaksa membuang sampah-sampah mereka ke sungai dikarenakan tidak adanya lahan untuk mereka membuang sampah. Terkadang ada petugas kebersihan yang mau menampung sampah-sampah mereka, namun sebagian masyarakat enggan menggunakan jasa tersebut dikarenakan ada pungutan biaya sehingga mereka memilih membuang sampah ke sungai.

Jika saya mendapatkan paket internet gratis selama setahun dari indosat saya ingin mensosialisaikan peduli sungai gajah wong melalui forum lingkungan yang saya ikuti. Water Forum Kalijogo merupakan sebuah wadah peduli lingkungan difakultas saya yang berkonsentrasi pada pelestarian lingkungan khususnya perairan. Sungai Gajah Wong ini merupakan salah satu kajian diskusi kelompok studi kami dalam hal penjagaan dan pelestarian lingkungan perairan.

Sebagai wujud kepedulian kami terhadap sungai ini, biasanya kami mengadakan kegiatan mulung bersama di bantaran sungai ini  baik dengan anggota kelompok studi kami maupun mengajak warga sekitar bantaran sungai Gajah Wong.

Foto Kegiatan Mulung Bersama Anak-anak dan Warga Sekitar bantaran Sungai Gajah Wong

Foto diatas merupakan salah satu kegiatan mulung bersama anak-anak dan warga sekitar Sungai Gajah Wong. Harapannya dengan kegiatan ini mampu menanamkan rasa peduli lingkungan sejak dini khususnya kepada anak-anak sehingga kelak mereka mampu menjaga keberadaan sungai Gajah Wong sebagai sungai yang harus mereka jaga keberlangsungan hidupnya dengan cara hidup sehat dan tidak lagi membuang sampah ke Sungai.

Kami juga selalu mengajak teman-teman serta orang-orang sekitar untuk turut andil dalam pelestarian lingkungan khususnya lingkungan perairan.

14185303472000666162

Kegiatan Pembagian Stiker, Mengajak Untuk Peduli Terhadap Lingkungan

Akhir kata semoga, tulisan ini bermanfaat khususnya bagi pembaca, dan ayo.. mulailah dari hal kecil dengan terus membiasakan membuang sampah pada tempatnya sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan, karena orang yang bijaklah yang sudi mengelola sampahnya sendiri. :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline