Lihat ke Halaman Asli

Slamet Subiyantoro

Dosen di Pendidikan Seni Rupa FKIP UNS

"Bobung" Benteng Pelestarian Seni Budaya Topeng dan Kerajinan Batik Kayu

Diperbarui: 9 Agustus 2020   13:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengrajin Desa Bobung Sedang Membatik Topeng Kayu

Oleh : Slamet Subiyantoro, Pujiyono, Kristiani, & Dwi Maryono

Apa itu Bobung?, Pernahkah anda mendengar istilah Bobung?. Bobung bukanlah istilah potuler yang dapat kita temukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI). Bobung hanyalah sebuah nama dusun yang terletak di Kelurahan Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Bobung dikelola menjadi suatu desa wisata yang berbasiskan pada seni budaya lokal. 

Karena dikemas dalam bingkisan wisata, Bobung didatangi banyak pengunjung baik masyarakat sekitar, regional, nasional, bahkan orang asing. Bobung juga dikunjungi oleh berbagai kalangan baik masyarakat hingga instansi sekolah dan perguruan tinggi. 

Mereka datang untuk berwisata sekaligus melakukan pengamatan, pengabdian dan penelitian. Banyak mahasiswa bahkan dosen yang melakukan penelitian di tempat ini.

Di Bobung ini seni tradisi warisan budaya lokal masih dipegang erat oleh masyarakat sekitar. Salah satu warisan budaya tradisi tersebut adalah topeng yang berkarakterkan khas Panji. Panji merupakan legenda khas Jawa yang identik dengan kisah percintaan antara Panji Asmarabangun dan Dewi Sekartasi. 

Pertunjukan Wayang Topeng Panji masih sering di pagelarkan pada waktu-waktu tertentu oleh masyarakat Bobung. Pagelaran juga sering diadakan atas dasar permintaan pengunjung atau turis asing untuk melakukan riset atau hanya sekedar berwisata. Pagelaran biasanya dilakukan pada malam hari yang dilakukan oleh penari-penari senior masyarakat sekitar. 

Penari atau peraga tari memakai topeng sesuai dengan karakter dalam tokoh-tokoh topeng panji dan diringi dengan musik gamelan jawa. Dengan memakai topeng, penari melenggang menyesuaikan irama musik dan karakter topeng yang dibawakan. 

Topeng yang berkarakter satria akan melenggang secara tegap dan gagah sedang topeng dengan karakter dewi akan melenggang dengan lemah gemulai.

Selain Topeng Panji sebagai seni pertunjukan, di Bobung topeng diproduksi menjadi kerajinan souvenir kayu yang dipadukan dengan teknik batik. Topeng didesain lebih kreatif dimana bentuknya sudah tidak sesuai dengan aslinya namun tetap memiliki nilai estetis dan tidak kehilangan esensi topeng tersebut. 

Selain topeng, mereka juga memproduksi kerajinan kayu lain mulai dari topeng, patung, gantungan, vendel, hingga perabot rumah tangga Kerajinan ini dikembangkan dalam industri rumahan masyarakat Bobung sebagai produk yang bernilai ekonomi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline