Lihat ke Halaman Asli

Kasus Kyai Pelanggar Lalu Lintas vs OPM

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mencermati pendapat masyarakat yg cenderung acuh tak acuh terhadap kasus penembakan masyarakat Indonesia khususnya terhadap polisi/tni di provinsi papua telah menggelitik perasaan berkeadilan saya.
Pemberitaan media massa terasa sepi jauh dari pemberitaan besar-besaran yg dibarengi opini publik yg sepoi2 cenderung acuh. Padahal riwayat penembakan yg dilakukan para teroris papua merdeka di sana sistematis dan terorganisir. Korbannya pun selain luka2 juga tewas yang terdiri dari warga sipil, ekspatriat sampai aparat keamanan polri/tni yg notabene adalah simbol2 negara dlm hal keamanan dan ketertiban kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bandingkan dengan peristiwa yang merebak saat ini yang bertajuk kyai melawan polisi saat akan ditilang. Kyai tersebut marah2 dan mengeluarkan kata2 yg tidak pantas menghadapi para polisi yg akan menilangnya. Respons yg terjadi luar biasa, publik mengakses laman youtube berisi rekaman kejadian tersebut sampai tembus di atas 1juta orang. Berbagai komentar beragam mayoritas menghujat sang kyai komplit dengan serangan2 personal sampai rasis mem bully habis yg jika dilihat berisi sentimen2 pribadi dari kalangan2 yg bisa dibilang berseberangan dgn identitas 'ke kyai an' yg bersangkutan.

Mari kita bandingkan antara respon publik atas peristiwa kyai tsb dengan respon publik yg menanggapi penembakan polisi yg terakhir terjadi di papua maka tidak serta merta berbanding lurus. Jika para penegak hukum tersebut luka bahkan tewas meregang nyawa di ujung senjata2 separatis teroris pengkhianat NKRI maka respon publik adem ayem seolah2 tidak penting utk ditanggapi. Padahal penembakan2 yg selalu berulang ini jika mereka2 yg begitu gagah berani membela polisi dlm kasus sang kyai kenapa jadi ayam sayur yg lembek tidak bertaji dlm kasus penembakan polisi oleh opm itu? Padahal ini polisi bukan dilecehkan dlm pelanggaran lalu-lintas tapi dilukai dan dibunuh saat mereka hadir dalam tugas mewakili kehadiran Negara Kesatuan Republik Indonesia, seharusnya mereka yg berkomentar dalam kasus kyai lebih 'sangar' dan bertubi2 bersuara membela aparat hukum kita. Tapi ternyata hal itu tidak terjadi, dapat disimpulkan hanya dalam hal2 yg sesuai dengan pelampiasan emosi mereka sajalah walau kadang tidak jelas alasannya mereka akan kencang bersuara khususnya dalam hal sesuai judul di atas.

Ref: salah satu bukti pelaku siapa pelaku penembakan walaupun mereka mengingkari maksud serangan2 mereka

Truk Pengangkut Air dan Mobil TNI Ditembaki di Papua
Rombongan Komandan Korem Ditembaki di Areal PT Freeport
Kumpulan berita penembakan di Papua
Siapa Penyerang Rombongan Kapolda Papua




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline