Lihat ke Halaman Asli

Rahayu Ummu Aqila Alfath

Guru dan seorang pembisnis

Sedekah Setiap Pagi, Apa Bisa?

Diperbarui: 18 April 2021   17:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Sedekah adalah menyisihkan sebagian harta kita kepada sebuah lembaga atau orang yang membutuhkan. Sedekah bisa dilakukan oleh siapa pun. Tidak harus menunggu memiliki harta dan kaya raya.

Sedekah tidak hanya berupa harta benda saja, tenaga pun bisa jadi sedekah. Seperti, menolong orang, memberi nafkah pada keluarga dan istri, memberi pinjaman barang, menyingkirkan batu atau duri dari tengah jalan juga termasuk sedekah.

Bahkan hal yang paling sederhana saja seperti senyum kepada saudara pun juga merupakan Sedekah. Seperti sabda Rasulullah, "senyummu kepada saudaramu adalah sedekah." (HR. At - Tirmidzi).

Sedekah merupakan salah satu dari tiga amalan yang pahalanya mengalir meskipun kita sudah meninggal. Amalan inilah yang bisa menolong kita di alam kubur maupun akhirat. Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, Rasulullah Shalallahu 'alaihi  wassalam bersabda, "Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara; shadaqah jariyah, anak shaleh yang mendoakan ampunan untuk kedua orang tuanya, dan ilmu yang bermanfaat." (HR. Muslim)

Kapan waktu yang tepat untuk sedekah?

Ibnul Qayyim berkata, "Bersedekah pada hari Jum'at dibanding hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti bersedekah pada bulan Ramadan dibanding bulan-bulan lainnya." "Bersedekah di dalamnya lebih besar (pahalanya) daripada bersedekah pada hari lainnya."

Sebaik-baik bulan dalam bulan Hijriah adalah bulan Ramadan dan sebaik-baik hari dalam satu pekan adalah hari Jum'at. Pada hari Jumat merupakan hari yang penuh keberkahan dan keutamaan, sehingga hari itu menjadi hari yang dianjurkan untuk bersedekah.

Namun, di samping hari yang dianjurkan untuk bersedekah, ada waktu yang lebih khusus untuk bersedekah yaitu waktu pagi atau selepas subuh. Karena di waktu itu Allah turunkan dua Malaikat ke bumi untuk memberikan balasan bagi manusia yang beramal. Seperti hadis dari Abu Hurairah r.a., bahwa Nabi Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, "Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali turun dua Malaikat kepadanya lalu salah satu berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menfkahkan hartanya", sedangkan Malaikat yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran kepada orang yang menahan hartanya (Bakhil)". (HR. Bukhari)

Nah, muncullah sebuah pertanyaan, bagaimana cara busa bersedekah setiap paginya? Apakah setiap pagi harus ke masjid untuk bersedekah, mencari orang yang membutuhkan, atau mencari lembaga sosial yang mau menerima?

Berikut cara yang dapat kita lakukan untuk bisa konsisten sedekah tiap pagi:

1. Niatkan Ikhlas Sedekah di Jalan Allah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline