Lihat ke Halaman Asli

Supartono JW

Pengamat pendidikan nasional, sosial, dan pengamat sepak bola nasional. Ini Akun ke-4. Akun ke-1 sudah Penjelajah. Tahun 2019 mendapat 3 Kategori: KOMPASIANER TERPOPULER 2019, ARTIKEL HEADLINE TERPOPULER 2019, dan ARTIKEL TERPOPULER RUBRIK TEKNOLOGI 2019

Pintar dan Cerdas Itu, Obat Sakit Sok Tahu

Diperbarui: 29 Agustus 2023   19:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Supartono JW

Bila lingkungan dipenuhi orang-orang yang tahu caranya berterima kasih, tahu caranya meminta tolong dan menolong, tahu cara memaafkan dan meminta maaf akan penuh pikiran positif, energi positif, sebab tabiat mereka selalu menjadi gelas kosong, mau terus belajar, mau mendengar, berbesar hati, rendah hati. Pondasinya kepintaran dan kecerdasan yang diaplikasikan secara benar dan baik di kehidupan nyata. Menghasilkan hal yang produktif dari perbuatan kreatif dan inovatif. 

(Supartono JW.29082023)

Pintar itu pandai; cakap; cerdik; banyak akal; mahir. Sementara cerdas adalah
sempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti, dan sebagainya); tajam pikiran.

Di sisi lain, orang yang tidak pintar dan tidak cerdas, dalam kehidupan nyata justru berperilaku sok pintar dan sok cerdas, alias sok tahu.

Dalam praktik kehidupan keseharian, terlebih sejak hadirnya media sosial (medsos) berbagai rupa, orang yang pintar dan cerdas, dalam perilaku serta aktivitasnya di dalam medsos,  akan  teliti dan hati-hati, misalnya dalam berbagi informasi. Berbeda dengan orang yang sok tahu,  suka mengarang dalam berbagi informasi yang diberikan.

Sejatinya setiap dari kita, terlebih yang sudah berproses melalui drama kehidupan nyata, di semua lini kehidupan, tentu sudah dapat mengoreksi dan menilai diri sendiri. 

Apakah selama ini, sudah menjadi golongan manusia yang memiliki kompetensi pintar dan cerdas di bidang kehidupan umumnya, dan bidang yang ditekuni khususnya. Atau sebaliknya masih termasuk golongan manusia yang hanya sekadar sok tahu, karena tidak menjadi gelas kosong. Tidak mau menjadi pendengar. Tidak pernah "membaca", tidak mau belajar. Tetapi banyak bicara dan banyak gaya.

Karena itu, untuk selalu mengingatkan diri sendiri, apakah saya, kita sudah menjadi orang pintar dan cerdas atau masih di taraf sok tahu, saya baca dan kutip dari berbagai literasi serta pengalaman nyata, berikut dapat dijadikan tolok ukur untuk menilainya bahwa orang pintar dan cerdas yang dalam praktik kehidupan diaplikasikan dengan benar dan baik adalah orang yang:

(1) Pandai, cakap, cerdik, banyak akal, dan mahir dalam segala hal atau dalam hal tertentu sesuai bidang yang ditekuni baik secara otodidak mau pun akademis.

(2) Tajam pikiran dan akal budinya dalam segala hal. Tidak licik, tetapi amanah saat diberikan kepercayaan.

(3) Kreatif dan inovatif dalam segala hal atau hal tertentu, menjadi inspirasi orang lain. Tidak takut hasil kreativitas dan inovasinya (dalam bentuk karya) dijiplak dan ditiru atau diakui orang lain. Sebab, kreativitas dan inovasi yang tersimoan dalam kepintaran dan kecerdasannya bak mata air.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline