Lihat ke Halaman Asli

Supartono JW

Pengamat pendidikan nasional, sosial, dan pengamat sepak bola nasional. Ini Akun ke-4. Akun ke-1 sudah Penjelajah. Tahun 2019 mendapat 3 Kategori: KOMPASIANER TERPOPULER 2019, ARTIKEL HEADLINE TERPOPULER 2019, dan ARTIKEL TERPOPULER RUBRIK TEKNOLOGI 2019

Apa yang Sudah Saya Perbuat dalam Kehidupan yang Ibarat Minum Seteguk?

Diperbarui: 6 Februari 2023   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Pribadi


... 

Hidup nyatanya

Hanya sekadar bergerak

Minum seteguk

lalu pergi selamanya

(N. Riantiarno, Opera Ular Putih. 23041994)

Pendidikan tentang kehidupan panggung sandiwara berdasarkan fakta-fakta panggung kehidupan nyata, yang saya terima dan saya dapatkan dari Suhu Norbertus Riantiarno atau Nano Riantiarno atau N. Riantiarno atau Mas Nano, tidak terhitung banyaknya.

Bila setiap titik pendidikan yang beliau tularkan dari setiap langkah produksi pementasan, saya tulis menjadi artikel. Ribuan titik itu dapat saya ubah menjadi artikel. Kemudian setiap titik-titik ajaran pendidikan tentang kehidupan itu, yang sudah berwujud artikel pun, dapat saya bukukan, tentu ratusan buku dapat dicetak, berisi titik-titik pendidikan keteladanan dari Mas Nano.

Satu di antara ribuan titik ajaran pendidikan tentang kehidupan itu, tentang ... minum seteguk, lalu pergi selamanya.

Itu saya dapatkan dalam pementasan Teater Koma, Opera Ular Putih yang dipanggungkan pada 23 April-8 Mei 1994 (16 hari) di Graha Bhakti Budaya (GBB) Tim. 

Inspirasi dari lirik yang sangat dalam maknanya, saya pun tergerak menyutradarai dan mementaskan Opera Ular Putih di Teater Kecil Perguruan Islam Al-Izhar Pondok Labu, dengan para aktor dan aktrisnya siswa Al-Izhar. Namun, bagian artistik, tata rias, hingga kostum, asli dari lakon Ular Putih Teater Koma, sebab diberikan rekomendasi oleh Mas Nano dan Mba Ratna. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline