Lihat ke Halaman Asli

Ini Kepemimpinan Ala Jokowi

Diperbarui: 18 Juni 2015   00:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Keberhasilan Jokowi yang cerdas membuat solusi permasalahan bisa terjawab secara nyata telah membawanya sukses memimpin. Pengamatan saya terhadap sosok Jokowi dalam hal kepemimpinan adalah bahwa beliau memiliki ciri khas yang memang jarang dimiliki kebanyakan pemimpin saat ini khususnya di Indonesia.

Apakah ciri khas seorang Jokowi itu ?

1.Permasalahan yang ada, yang ditemukan atau dikemukakan oleh bawahannya dibawa terlebih dahulu menjadi masalahnya sebagai pimpinan alias masalah itu dianggap terlebih dahulu sebagai masalah yang dihadapi kepemimpinannya. Dengan prinsip ini, ia memiliki maslah itu secara utuh sehingga untuk memberikan solusi maka solusi itu sendiri harus jelas baginya, meyakinkannya bahwa masalah dapat dipecahkan dan seluruh bagian-bagiannya harus dijaga dari efisiensi, kontrol dan ketepatan serta kecepatannya.

2.Ia lahir dari proses yang bersih. Kelahiran yang demikian menjadikan mudah baginya melakukan yang terbaik dalam perjalanan kariernya, ia tidak berutang budi tetapi memiliki citarasa yang halus untuk mengerti. Menjadi pemimpin dengan dasar ini membuatnya memetingkan kepentingan orang banyak ketimbang kepentingan pribadinya. Ia tak bisa bersembunyi untuk suatu kepalsuan maka dari itu ia bisa dan berani tampil beda.

3.Ia memiliki piramida kepemimpinan sehingga semua implementasi dibawah harus merupakan penjabaran yang terkendali. Ia menguasai semua penggalan keputusan yang ada di tingkat bawah melalui kontrol yang ketat. Teori yang berbicara seperti ini memang banyak ditemukan, akan tetapi kenyataan dalam praktek kebanyakan lain. Jokowi memulai kepemimpinannya dari komitmen puncak yang jelas, tegas dan konsisten.

4.Ia adalah sosok pemimpin yang sederhana, bersih dan tenang. Kondisi ini membuatnya mudah mengenali sifat akal-akalan, kepalsuan, penyalahgunaan jabatan, kemalasan dan keraguan bawahannya. Modal ini membuatnya peka dan jeli melihat proses yang berlangsung dalam kepemimpinannya.

5.Ia cerdas dan pengambil keputusan yang berani. Rasanya ia presiden yang berani diantara presiden yang pernah dimiliki Indonesia. Kecerdasannya tergambar dari arah keputusannya yang selalu tepat sasaran. Ia berani mengambil keputusan yang telah didasarkan pada perbimbangan yang matang karena ia pemilik masalah dan merancang inti memecahkannya.

Bagaimana dampak warna kepemimpinan “ala Jokowi” ini nantinya ?

Kita sehari-hari, bahkan setiap saat masih melihat gaya lama disiarkan oleh media massa. Para pejabat yang mengeluarkan kebijakan dan merancang sendiri teori setiap mendapat kritik dari masyarakat tak lama lagi akan berakhir. Mengapa ? Karena kebijakan yang diambil secara mandiri ditengah struktur kepemimpinan “ala Jokowi” bukanlah suatu yang berlandaskan prinsip implementasi kemitmen puncak yang terkendali.

Saya optimis, kita akan melihat Indonesia yang dicita-citakan tidak akan lama lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline