Lihat ke Halaman Asli

iqlima dwi syifani

Mahasiswa Akhir

Peran Serta Kelompok UNNES GIAT 3 dalam Kegiatan Pencegahan Stunting di Desa Menawan

Diperbarui: 29 November 2022   23:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri


Mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang tergabung dalam kelompok UNNES Giat Angkatan 3 di Desa Menawan telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi tentang stunting di Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Kelompok UNNES Giat angkatan 3 di Desa Menawan menggandeng pihak UPT Puskesmas Desa Menawan pada hari Selasa, 29 November 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada ibu-ibu masyarakat Desa Menawan mengenai “Apa itu stunting?” sampai “Bagaimana cara pencegahan terjadinya stunting?”.

Kegiatan sosialisasi tentang stunting ini dihadiri oleh Bidan Desa Menawan, ibu-ibu hamil di Desa Menawan, serta Ahli Gizi sebagai narasumber.

Dokpri

 “Stunting adalah kondisi di mana anak gagal tumbuh, ketika dalam kondisi gagal tumbuh pasti ada yang namanya keterlambatan. Gagal tumbuh di sini dikarenakan kekurangan asupan gizi. Misalnya pertumbuhan tinggi badan tidak sesuai dengan usia seperantarannya” Ujar Narasumber.

Selain memberikan edukasi terkait pengenalan ciri-ciri anak stunting, narasumber juga memberikan kiat-kiat agar anak tidak beresiko terkena stunting, salah satunya adalah memberikan kiat-kiat pada 1000 hari pertama kehidupan anak.

Kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar, serta mendapat respon baik dari ibu ibu yang turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tentang stunting ini.

“Penyampaian materi pada sosialisasi Ini jelas dan mudah dipahami, dengan mengikuti sosialisasi ini saya dapat mengetahui pencegahan stunting dan cara pemenuhan nutrisi ibu hamil. Harapan saya, dapat mengadakan sosialisasi keberlanjutan terkait program stunting ataupun untuk ibu hamil.” Ujar Siti Lestari RT/RW : 2/4

Mahasiswa UNNES Giat angkatan 3 berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini turut meminimalisir terjadinya stunting serta menambah edukasi warga khususnya ibu-ibu di Desa Menawan untuk menyadari gejala-gejala terjadinya stunting pada anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline