Lihat ke Halaman Asli

Sity Maryam

Mahasiswa

Banyaknya Manfaat Media Sosial bagi Pembelajaran Daring pada Era Pandemi Covid-19

Diperbarui: 30 Januari 2022   20:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Virus korona ( SARS-CoV-2 ) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, pneumonis, akut, sampai kematian. Virus korona merupakan jenis baru yang menular ke manusia selain itu virus ini bisa menyerang siapa saja seperti bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, dan ibu meyusui. 

Infeksi virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019 dan virus ini menyebar luas ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Penyebaran wabah virus korona sangat berdampak besar bagi beberapa aspek kehidupan  seperti perekonomian dan pendidikan sehingga membuat beberapa dari anak-anak terhambat dalam pembelajaran di masa pandemi.

 Dalam kasus ini media sosial menjadi salah satu alat alternatif yang sangat membantu pembelajaran semasa pandemi, Media sosial memainkan peran kunci dalam kehidupan setiap orang. Siswa juga menggunakan media sosial secara ekstensif. 

Meskipun ada persepsi umum bahwa siswa pada akhirnya menghabiskan banyak waktu di media sosial. melalu media sosial pengguna juga bisa berkomunikasi secara langsung jarak antar individu dan dapat mengetahui hal yang trending dimasa kini dari berbagai belahan dunia. 

Seperti yang terjadi saat ini media pembelajaran jarak jauh (Daring) yang diterapkan para pelajar dan mahasiswa salah satunya mahasiswa Universitas 'Aisiyah Yogyakarta yang menerapkan sistem pembelajaran (Daring). 

Dengan media sosial mampu untuk menunjang pembelajaran dimasa pandemi pemanfaatan media sosial seperti WhatsApp, facebook, Instagram, class room, zoom, dan lain-lain. Yang mempermudah pembelajaran selama During dimasa pandemi.

Media sosial juga merupakan Platform yang indah bagi pelajar dan mahasiswa untuk mengekspresikan diri dengan berbagai cara seperti memposting foto, blok, artikel individu, video, klip audio dan lain-lain. Dengan begitu membantu mengidentifikasi bakat seseorang, media sosial dapat digunakan untuk banyak manfaat bagi pelajar yang sedang melakukan pembelajaran daring:

  • Pembelajaran daring, Pembelajaran telah melampaui ruang kelas di mana pembelajaran sosial dipromosikan di hampir semua situs web e-learning terkemuka.
  • Platform kreatif pelajar, Media sosial adalah platform yang indah bagi pelajar untuk mengekspresikan diri. Banyak pelajar akan merasa takut dengan pemikiran tentang apa yang akan terjadi jika mereka mengekspresikan diri. Ini membantu pelajar untuk membagikan pemikiran mereka tanpa rasa takut.
  • Eksposur Global, Media sosial adalah platform yang sangat luas sehingga pelajar dapat berinteraksi dengan siapa pun di dunia. Ketika memungkinkan pelajar untuk berinteraksi dengan orang-orang pada platform yang begitu luas, memang mereka mendapatkan pengetahuan yang luar biasa darinya. Mereka bahkan mengenal beragam budaya yang ada di seluruh dunia. Itu termasuk budaya, tradisi, bahasa, gaya hidup, dan banyak lagi hal indah yang menarik. Mereka bahkan dapat belajar tentang berbagai kursus yang ada di universitas dari seluruh dunia.

Oleh karena banyaknya manfaat media social bagi system belajar mengajar pada era pandemic covid-19 ini sehingga kegiatan belajar mengajar bisa tetap berlangsung karena ada nya media social yang dapat menghubungkan setiap orang memalalui jaringan yang bisa saling beriteraksi satu sama lain, sehingga kegiatan belajar mengajar dilakukan daring.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline