Lihat ke Halaman Asli

Sitta Vinda

Mahasiswa S1

Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Kesehatan Mental di Usia Remaja

Diperbarui: 5 Juni 2023   07:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Pribadi

Manusia merupakan makhluk sosial, dimana mereka tidak bisa menjalani hidup mereka tanpa bantuan orang lain. Komunikasi adalah hal yang sangat pasti dibutuhkan di dalam kehidupan manusia. Kenapa komunikasi? Karena dengan kita berkomunikasi kita dapat memberikan serta meminta bantuan kepada orang lain. 

Dengan zaman yang sekarang sudah maju dan berkembang, muncullah yang namanya Media Sosial atau biasanya orang-orang menyingkat menjadi Medsos. Media sosial mempermudah manusia untuk untuk berkomunikasi dengan siapa saja, dimanapun, dan kapanpun. 

Tidak hanya untuk berkomunikasi, tapi kita juga dapat menggunakan Media sosial ini untuk mendapatkan berbagai macam informasi dari berbagai mancanegara. Selain itu dengan Media sosial kita juga bisa mendapatkan hiburan dari berbagai macam platform Media sosial.

Terdapat fungsi lain dari media sosial selain yang ada diatas. Yaitu branding, yang dimana branding akan kita lakukan setelah kita berhasil berkomunikasi. Branding diri kita masing-masing. Kenapa diharuskan untuk membranding diri kita sendiri? Karena penting sekali untuk membangun citra diri kita di hadapan orang-orang. 

Branding diri kita sesuai dengan keunikan yang kita miliki. Fungsi ketiga adalah media sosial dapat digunakan menjadi suatu wadah untuk berbisnis. Selain kita membranding diri kita sendiri, kita dapat membranding bisnis kita. 

Sudah banyak sekali orang-orang di zaman sekarang yang berbisnis online shop bahkan ada juga yang menjadikan pekerjaan sampingan. Fungsi keempat adalah marketing, dimana kita menjadikan media sosial sebagai platform untuk menawarkan berbagai produk dari bisnis kita. Sangatlah mudah dan praktis. (Sampoerna University,2022)

Begitu banyak dampak dalam kehidupan manusia dengan adanya media sosial ini. Manusia merasa senang, karena merasa bahwa media sosial dapat membantu pekerjaannya dan memberikan hiburan untuk kebutuhan jasmaninya. Dengan adanya respon positif dari konsumen, para produsen akan terus berinovasi untuk memuaskan para konsumennya. 

Tentunya itu adalah hal yang bagus dikarenakan kita harus selalu dapat beradaptasi dan berinovasi di zaman yang semakin canggih ini agar tidak menjadi seseorang yang gagap terhadap teknologi dan muncul yang namanya cultural lag. 

Tetapi jika disalahgunakan oleh penggunanya, media sosial ini dapat memberikan dampak yang buruk bagi penggunanya. Seperti depresi, insecure, stress, bahkan sampai adanya niatan untuk bunuh diri. Cyberbullying adalah salah satu kegiatan negatif yang terjadi dalam media sosial, berawal dari kata-kata yang dapat membuat sakit hati. 

Lalu orang yang mendapatkan komentar tersebut merasa dirinya kurang, menimbulkan rasa benci terhadap dirinya sendiri, dan muncul pikiran untuk mencelakai dirinya. Hal tersebut akan menyebabkan dampak ke kehidupan sehari-harinya dan juga tentunya hal ini harus sangat diperhatikan, karena kesehatan mental itu sangat penting, khususnya para remaja. 

Mengapa remaja? Karena pada saat di usia remaja muncul rasa keingintahuan, ingin mencoba sesuatu, serta emosi yang masih tidak stabil. Dalam masa pertumbuhan ini sangat penting untuk menanamkan hal-hal yang positif untuk kedepannya, khususnya masalah kesehatan mental. (Rosmalina & Khaerunnisa, Penggunaan Media Sosial dalam Kesehatan Mental Remaja, 2021)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline