Lihat ke Halaman Asli

Kaledo: Hiraukan Aku

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Prihatin rasanya melihat acara kuliner atau masak-masak di televisi yang isinya chef-chef yang hampir selalu menyajikan masakan internasional. Padahal, bila mereka itu mau menggali lebih dalam, tak sedikit jumlahnya resep masakan tradisional yang tidak saja enak dan sedap, tapi juga sehat. Salah satunya adalah kaledo.

Kaledo adalah masakan khas Palu yang menggunakan kaki sapi sebagai bahan utamanya. Rasanya segar karena dimasak dengan cara direbus dengan air dan bumbu sederhana sekian lama. Tak ayal bila rasa kaldu pada kuahnya begitu kuat.

Meskipun dari Palu, tapi menurut saya cita rasanya sangat familier dengan lidah masyarakat Indonesia pada umumnya. Pasalnya, bumbu yang digunakan, hampir semuanya sama dengan berbagai bumbu yang digunakan pada resep masakan tradisional pada umumnya.

Tapi, sayang. Masakan tradisional ini seperti tak dihiraukan lagi. Selama setahun konsen dengan acara masak-masak di televisi, tak ada satupun yang menayangkan resep kaledo. Seperti yang saya bilang tadi, padahal masakan ini rasanya enak dan sedap, tak kalah dengan masakan internasional. Kemana ya kepedulian mereka terhadap kelestarian resep masakan tradisional???  Kalau kaledo bisa ngomong, munkin dia akan berteriak: hiraukan aku... please... please... aku enak, sedap, segar, gurih dan sehat, tak kalah dengan rasa masakan internasional... hehe... lebai banget ah...

Kalau peduli dengan kelestarian resep masakan tradisional, yuk ikut catat resep masakan tradisional. Browsing saja di internet. Misalnya, resep kaledo ini yang saya dapat dari hasil browsing: Resep Kaledo (sup Kaki Sapi) Masakan Khas Palu (County of Food:2014).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline