Lihat ke Halaman Asli

Yuk Ngemil Sehat, Camilan Ini Mudah Dibuat

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Banyak camilan di luaran sana yang menawarkan rasa enak. Untuk menggoda hasrat calon konsumen untuk membeli, tak jarang banyak aneka camilan yang dibungkus dengan kemasan yang begitu menawan. Tapi, jangan gampang tergoda. Sebab, tidak semuanya menghiraukan sisi kesehatan camilan itu sendiri.

Pendapat itu murni dari saya sendiri. Sebagai ibu rumah tangga, terus terang saya agak prihatin dengan aneka camilan yang dijajakan di pinggir jalan maupun yang ada di super(mini)market. Memang tidak semua dan banyak juga yang mengindahkan sisi-sisi kesehatan makanan, tapi tetap saja ada beberapa produsen camilan atau makanan yang lebih menghiraukan sisi keuntungan ketimbang kesehatan makanan atau camilan yang ia produksi.

Kalau dipikir memang praktis bila menginginkan sesuatu, kemudian tinggal beli. Tapi, hal yang harus dipertimbangkan ya yang sudah di sampaikan di awal. Sebab, masih ada juga produsen camilan atau makanan yang tak menghiraukan sisi kesehatan produk pangan. Daripada mengunduh risiko jangka panjang, kalau saya lebih baik pilih repot sedikit di dapur untuk membuat camilan atau makanan sendiri-untuk saya, suami, anak tercinta, dan terkadang juga berbagi dengan orangtua, sanak keluarga, atau tetangga kanan kiri. Yang penting, selain enak, kita bida menjamin kesehatan makanan itu sendiri.

Tak semua camilan susah dibuat. Jadi, pilih saja camilan yang mudah dibuat. Dan, rasanya juga harus enak, tentunya. Misalnya, asinan buah atau kue pisang. Bukan omong kosong, kedua kudapan tersebut benar-benar mudah dibuat. Tapi, jangan suruh saya mengajari untuk membuat. Terus terang, saya ini emang tidak pandai masak. Dan, enak menurut saya juga belum tentu enak juga menurut Anda.

Lebih baik, sama-sama mempraktikkan resep kedua camilan tersebut. Nah, ini resep asinan buah segar dan resep kue pisang kukus sederhana. Teman-teman bisa berkreasi sendiri dengan bahan-bahan yang digunakan. Atau, berkreasi dengan bahan pelengkapnya. Selamat mencoba ya. Kalau saya, berminat mencoba resep yang kedua. Nanti, kalau sudah selesai, saya sharing.

Sember resep: Oke Foods,2014




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline