Lihat ke Halaman Asli

Siti Wahidatul Ummah

Mahasiswa/UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Biodata Masaaki Imai Sebagai Pionir Konsep Kaizen Serta Konsep Kaizen sebagai Kunci Kesuksesan Perusahaan Toyota

Diperbarui: 2 April 2024   07:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: Wikipedia

  • Biodata Masaaki Imai

Masaaki Imai ( , Imai Masaaki ) , Lahir di Tokyo Jepang pada 1 September 1930, Imai adalah seorang ahli teori organisasi dan konsultan manajemen Jepang yang terkenal karena karyanya dalam manajemen mutu , khususnya tentang kaizen . Dikenal sebagai bapak Continuous Improvement (CI), Masaaki Imai telah menjadi pionir dan pemimpin dalam menyebarkan filosofi kaizen ke seluruh dunia

Imai menerbitkan buku "Kaizen, Kunci Kesuksesan Kompetitif Jepang" pada tahun 1986 dan langsung menjadi buku terlaris di seluruh dunia. Buku ini dengan tegas memasukkan kata "kaizen" ke dalam leksikon perusahaan. Ini adalah buku pertama yang memberi orang tahu tentang filosofi Lean. Hubungan dekatnya dengan Shoichiro Toyoda dan Taichi Ohno, serta rahasia di balik kesuksesan Toyota dan perusahaan Jepang lainnya, menjadi dasar cerita langsungnya. Buku "Gembakaizen: A Commonsense, Low-cost Approach to Management", yang ditulis oleh Bapak Imai, diterbitkan pada tahun 1997. Buku ini menggunakan studi kasus yang relevan untuk menjelaskan 21 pendekatan praktis untuk manajemen kaizen, yang mencakup teknik dan alat untuk menerapkan tindakan di tempat nyata. Hasilnya adalah peningkatan produktivitas, kualitas, dan keuntungan dengan waktu dan biaya yang lebih rendah. Sesuai dengan filosofinya tentang Perbaikan Berkesinambungan yang tiada akhir.

  •  Konsep Kaizen Sebagai Kunci Kesuksesan  Perusahaan TOYOTA

Siapa yang tidak mengetahui peruahaan TOYOTA di zaman sekarang ini ? Tentu semua khlayak pasti tahu perusahaan Toyota. Hal ini dapat dibuktikan dengan keberadaan merk tersebut yang masuk ke Indonesia lalu menyebar luas, bahkan Toyota sudah memiliki anak perusahaan di Indonesia.

Kecintaan orang Indonesia terhadap brand asal jepang ini terlihat dari sebagian besar rakyat Indonesia yang menggunakan alat transportasi seperti mobil dengan merk Toyota. Brand ini sungguh mendapatkan kesuksesan yang sangat besar dalam bidang otomotif. Lalu apakah yang menjadi alasan dibalik kesuksesan brand ini ?

Salah satu jawabannya yaitu brand ini menerapakan Konsep Kaizen pada perusahaannya, karena kedekatan antara masaaki Imai dengan Founder Toyota, oleh karena itu mereka menjalin persahabatan yang kuat untuk membangun bisnis raksasa ini.

Kaizen adalah Istilah yang berasal dari Jepang yang berarti Perbaikan Secara berkelanjutan.(Continuous Improvement). Berikut merupakan enam langkah perbaikan yang dietarapkan oleh Toyota dalam Buku Toyota Kaizen Methods : 6 Langkah Perbaikan.

 sumber gambar: https://books.google.co.id

  • Six Steps Of Kaizen : (1) Discover Improvment Potential (2) Analyze The Curran Methods  (3)  Generate Original Ideas(4) Develop an Implementation Plan (5) Implement The Plan (6) Evaluate The New Method.
  • Enam Langkah Perbaikan : (1) Menemukan Potensi Perbaikan (2) Menganalisis Metode yang digunakan saat ini (3) Hasilkan ide orisinal (4) Menyusun rencana penerapan (5) Menerapkan rencana (6) Mengevaluasi metode baru.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline