Lihat ke Halaman Asli

Peran Gender di Perguruan Tinggi

Diperbarui: 27 Mei 2024   11:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran gender dalam pendidikan tinggi mempunyai dampak penting dalam meningkatkan kesetaraan gender dan menghilangkan diskriminasi gender. Perguruan tinggi mempunyai peran strategis dalam mendorong perubahan sosial terkait kesetaraan gender melalui program kampus sensitif gender. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan materi pengenalan gender kepada mahasiswa baru dan mengembangkan kurikulum yang sesuai untuk kajian gender. Universitas juga berperan dalam menghilangkan kesenjangan gender di seluruh kampus. 

Meskipun berbagai peraturan perundang-undangan telah disahkan mengenai kesetaraan gender secara umum di perguruan tinggi, namun masih banyak ditemukan ketidaksetaraan gender dalam penerapannya di berbagai kampus. Oleh karena itu, pendidikan gender sangat penting dilakukan di setiap keluarga, yang diimbangi dengan penanaman nilai-nilai kodrati. Budaya dan agama juga berperan dalam mencapai kesetaraan gender, sehingga harus diintegrasikan untuk mencapai kesetaraan tersebut.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline