Lihat ke Halaman Asli

Siti Syalwa

semangat

Kompasiana, Terima Kasih

Diperbarui: 6 Desember 2023   11:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Selamat hari Rabu

Semester satu akan segera berakhir, sebelum berakhir ada satu bab yang menarik. Bab artikel mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII. Bab ini menjabarkan mengenai pengertian artikel, jenis-jenis artikel, kaidah kebahasaan artikel, dan menulis artikel. Bab ini terbilang sulit karena siswa diberikan tugas akhir untuk menuliskan sebuah artikel. Akibatnya siswa menjadi malas dan menyalin artikel dari google.

Saya sebagai guru mulai mencari cara agar capaian menulis artikel bisa terlaksana dengan semangat kejujuran. Cara yang saya ambil yaitu menggunakan web Kompasiana sebagai sarana belajar menulis artikel bagi siswa. Awalnya siswa tidak tertarik. Lalu saya memberikan contoh kompasiana saya dan teman-teman yang ada di kompasiana. Saya memberikan informasi bahwa menulis artikel di web ini akan lebih cepat mendapatkan pembaca dalam waktu yang singkat. Selain itu, saya memberikan informasi mengenai keuntungan yang akan didapat jika giat menulis artikel.

Siswa merasa senang mendengar keuntungan yang didapatkan. Walaupun diawali dengan rasa kesal karena pembuatan akun yang membuang waktu lama tetapi mereka kembali tersenyum. Mereka tersenyum kegirangan karena dalam pembuatan akun mereka mendapatkan 50 poin s.d. 100 poin jika akun mereka berhasil dibuat.

Pembuatan akun telah selesai, kemudian siswa diminta untuk menulis. Mereka mulai merenung dan cemberut. Salah satu siswa berkata "Wah, susah ya menulis, ambil dari google kali ya". Saya langsung menghampiri dan berkarta "Beruntungnya pakai akun ini, kamu tidak bisa mengambil suatu artikel dan menyalinnya di sini. Karena akun ini dapat memvalidasi tulisan kamu, jika memang terjadi copywrite. Siswa itu langsung terdiam dan kembali bertanya "Terus saya mesti tulis apa bu?".

"Tulis yang kamu sukai dan kamu ketahui tentang apa saja. Kamu juga bisa memilih menggunakan bahasa formal/bahasa nonformal. Terpenting informasi yang ingin kamu sampaikan jelas."
Akhirnya siswa tersebut menulis dengan senangnya. Setelah mereka menulis dan mulai klik 'tayangkan', siswa bersorak kegirangan.  

"Wah, berhasil tayang. Wih, dapet poin juga ya bu"
"Iya betul, dapet dong. Bonusnya, kalau kamu suka menulis apapun yang kamu ketahui dan kamu sukai, setelah itu kamu unggah di Kompasiana, yang tadinya sedikit poinnya lama-lama menjadi banyak dan bonusnya kamu bisa mendapatkan penghasilan dari menulis ini. Seru kan!"
"Wah, kenapa engga dari kelas X bu, kan karya kita juga udah banyak tuh"
"Nah, itu yang ibu sayangkan. Kemungkinan kelas X tahun ini akan ibu terapkan"
"Wah, mereka enak ya"

Begitulah respon positif dari siswa ketika saya mengajak mereka menulis bersama. Walaupun ada kurangnya tetapi kelebihan yang didapat juga lebih banyak. Mereka pun saling lempar link tulisan mereka ke kelas. Lalu kesenangan mereka bertambah ketika ada siswa yang mulai berkata.

"Wih, yang udah baca 10"
"Wah, ada yang like nih"

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur pembelajaran ini bisa menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi siswa. Semoga Kompasiana tetap mengedepankan prinsip orisinil agar pemuda bangsa khususnya siswa saya tetap mengedepankan asas kejujuran dan terus berkarya dengan kemampuannya,.

Terima kasih, semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline