Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa di Masa Pembelajaran Online

Diperbarui: 19 Mei 2021   18:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : http://berita.smk-mapen.com

Pandemi akibat Covid-19 mengakibatkan perubahan sistem Pendidikan, pada masa pandemi ini proses pembelajaran berubah menjadi via internet dengan menggunakan berbagai aplikasi online seperti penggunaan zoom, whats app, meet, classroom, dll.

Meskipun semua online dalam pembelajaran akan tetapi tujuan Pendidikan haruslah tercapai demi kemajuan bangsa serta demi memenuhi hak dan kewajiban sebagai warga negara. Sehingga dalam upaya mewujudkan tujuan Pendidikan maka pentingnya meningkatkan kemampuan belajar siswa saat pembelaran online, perlu adanya strategi tertentu agar dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Strategi yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa di masa pembelajaran online sebagai berikut :

  1. Menumbuhkan Motivasi dalam Dirinya
    Menumbuhkan motivasi dengan menanamkan selalu menyadari dalam diri siswa betapa pentingnya pendidikan untuk masa depannya kelak, siswa harus mengetahui bahwa dirinya membutuhkan pengetahuan, didikan agar terus termotivasi untuk belajar dengan begitu siswa akan merasa membutuhkan Pendidikan, sehingga pembelajaran secara online akan tetap dijalankan dengan baik.  
  2. Pembelajaran Inovatif Secara Online
    Bertujuan untuk menfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuan secara mandiri dalam proses perubahan perilaku yang lebih baik sesuai dengan kemampuan dan perbedaan yang dimiliki siswa. Sebagai guru harus mencari dan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang efektif agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik
  3. Buatlah Tugas yang Menantang Namun Realistis dan Sesuai
    Buatlah proses belajar yang sepadan dengan siswa dan sesuai keinginan mereka sehingga menarik mereka dapat mengetahui tujuan dari belajar. Buatlah tugas yang menantang, memberi ruang gerak bagi siswa untuk menumbuhkembangkan kreatifitasnya artinya siswa yang diberi tugas bisa mencari jawaban dimana saja  tergantung siswa sendiri
  4. Kondisikan diri dalam keadaan baik dan sehat di rumah
    Strategi ini diwajibkan ada disetiap masing-masing individu, butuhnya kondisi fisik yang prima dan psikis yang baik dapat membangun semangat menjalankan berbagai aktivitas termasuk belajar dimasa pandemi.
  5. Fokuskan pikiran dalam belajar
    Memfokuskan pikiran adalah hal utama dalam belajar, jika biasanya dirumah banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan tetapi adanya jadwal pembelajaran online disarankan untuk membuat jadwal, dengan menyelesaikan pekerjaan dirumah terlebih dahulu agar saat asiknya belajar tidak akan terganggu dengan pikiran pekerjaan yang lainnya.
  6. Buatlah suasana belajar sesuai yang kita inginkan
    Untuk dapat meningkatkan kemampuan belajar buatlah susana belajar yang seru dan santai akan tetapi tidak merubah tugas didalamnya, lebih baik atur sendiri bagaimana kondisi yang diinginkan.

Keberhasilan dalam menjalankan tugas sesungguhnya tergantung dalam niat dan masing-masing individu dalam menyikapinya. Semoga bermanfaat...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline