Lihat ke Halaman Asli

Siti Sumarni

Mahasiswa

Pembuatan Sarana Desa Papan Nama Gang Desa Jrebengkembang

Diperbarui: 11 Juli 2024   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi 

Tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dosen bertanggung jawab atas ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mentransformasi, mengembangkan, serta menyebarluaskan melalui tridharma perguruan tinggi (Aziza 2018) Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada Universitas Pekalongan sebagai wujud dari tridharma perguruan tinggi pada tahun 2024 kali ini memiliki sasaran dalam kegiatan KKN ini yaitu di Desa Jrebengkembang , Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan. Mata pencaharian Desa Jrebengkembang yaitu usaha konveksi serta pengrajin batu bata. 

Permasalahan yang terjadi di beberapa titik yang melewati jalan Desa Jrebengkembang terdapat beberapa kerusakan jalan yang perlu diperbaiki dan dibutuhkan beberapa papan petunjuk jalan seperti papan batas dusun satu dengan dusun yang lainnya, hal itu dibutuhkan karena banyaknya masyarakat yang ingin berkunjung ke desa itu tidak tahu batas antara dusun satu dengan dusun yang lain sehingga menyulitkan mereka untuk mencari alamat yang ingin mereka kunjungi. 

Keberadaan papan gang dusun satu dengan dusun yang lain dapat mempermudah warga pendatang ketika masuk ke wilayah desa Jrebengkembang yang ingin mencari alamat tempat tinggal di desa Jrebengkembang.

Kegiatan kuliah kerja nyata ini dilaksanakan selama satu bulan yaitu pada tanggal 11 Juni sampai dengan 12 Juli 2024. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan mahasiswa dan warga sekitar. 

Harapan yang ingin dicapai semoga dengan tersedianya papan batas dusun dapat bermanfaat dan sangat membantu warga pendatang yang sedang berkunjung ke desa Jrebengkembang guna kepentingan pribadi. 

Kegiatan ini merupakan sistem informasi yang cukup penting bagi warga  pendatang  guna mengetahui dusun  satu dengan  dusun  yang  lainnya. 

Metode pelaksanaan kegiatan kuliah kerja nyata terdiri dari 4 tahap, tahap pertama dengan mengadakan survey lokasi untuk menentukan tempat-tempat yang membutuhkan dan yang akan dipasang papan gang dusun. 

Tahap kedua, setelah menemukan lokasi yang akan dipasang papan gang dusun langkah selanjutnya adalah membuat papan gang dusun, persiapan yang dilakukan yaitu pertama membuat desain papan yang akan digunakan, setelah desain dibuat  kemudian  menentukan  alat  dan bahan  yang  diperlukan.  

Tahap  ketiga,  pembuatan papan/plang petunjuk dusun berdasarkan desain yang sudah ditentukan, setelah pembuatan selesai dilakukan proses selanjutnya yaitu pengecetan. Tahap keempat, pemasangan papan/plang pada titik lokasi yang sudah ditentukan.

Pelaksanaan program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini berjalan sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan. Pembuatan papan/plang penunjuk jalan dusun oleh tim kuliah kerja nyata dan dibantu oleh beberapa masyarakat yang ada di desa Jrebengkembang. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline