Lihat ke Halaman Asli

Siti Sri Susanti

Belum bekerja

Haul Auliya' Simbah Wali Agung Mangunsari, Wali Sobo Mangunsari , dan Wali Rohani Digelar dengan Khidmat

Diperbarui: 20 Juli 2024   23:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Haul Haul Auliya' Simbah Wali Agung Mangunsari, Wali Sobo Mangunsari, dan Wali Rohani di Dukuh Sobowangi Desa Plosowang/dokpri

Plosowangi - Batang, 20 Juli 2024 - Ratusan jama'ah termasuk Kelompok KKN UIN Walisongo Posko 65 memadati Makam Dusun Sobowangi untuk menghadiri acara Pengajian Haul Auliya' Simbah Wali Agung Mangunsari, Simbah Wali Sobo Mangunsari, dan Simbah Wali Rohani yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 20 Juli 2024. Acara yang diselenggarakan oleh Kyai Suhadi ini berlangsung dengan khidmat dan penuh makna. 

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan sambutan dari Ketua Panitia dan Tokoh Agama/Ulama. Penceramah kondang, Romo KH. Syakowi, menyampaikan tausiyahnya dengan tema keutamaan ziarah kubur. Dalam tausiyahnya, beliau mengajak para jamaah untuk meneladani keteladanan Auliya' Simbah Wali Agung Mangunsari, Simbah Wali Sobo Mangunsari, dan Simbah Wali Rohani dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengajian Haul Auliya' Simbah Wali Agung Mangunsari, Simbah Wali Sobo Mangunsari, dan Simbah Wali Rohani ini merupakan tradisi tahunan yang selalu dikunjungi oleh banyak masyarakat. Selain untuk memperingati wafatnya Auliya' Simbah Wali Agung Mangunsari, Simbah Wali Sobo Mangunsari, dan Simbah Wali Rohani, acara ini juga menjadi momen untuk mempererat tali silaturahmi antar umat muslim di Desa Plosowangi.

Kyai Suhadi, Ketua Panitia Haul Auliya' Simbah Wali Agung Mangunsari, Simbah Wali Sobo Mangunsari, dan Simbah Wali Rohani, mengatakan bahwa acara ini merupakan wujud kecintaan dan penghormatan kepada Auliya' Simbah Wali Agung Mangunsari, Simbah Wali Sobo Mangunsari, dan Simbah Wali Rohani. "Beliau adalah sosok yang patut kita teladani. Ajaran-ajaran beliau sangat bermanfaat untuk kehidupan kita," ujarnya.

Tidak hanya itu, para auliya' juga meninggalkan jejak fisik berupa Masjid Jami' Agung Mangun Sari (Baiturrahim), Blimbing Tongkat, Irigasi (Kali Baladewa Sangubanyu), Belik Kramat, Watu Silanggar (tempat tirakatnya Simbah Wali Rohani).

Muhammad Rifqi Ilhami, Ketua Koordinator Desa KKN, mengaku sangat terkesan dengan acara ini. "Saya berkeinginan menyempatkan diri untuk hadir di acara Haul Auliya' Simbah Wali Agung Mangunsari, Simbah Wali Sobo Mangunsari, dan Simbah Wali Rohani ini," tuturnya. "Banyak ilmu dan hikmah yang bisa saya petik dari tausiyah yang disampaikan oleh para ulama," imbuhnya.

Pengajian Haul Auliya' Simbah Wali Agung Mangunsari, Simbah Wali Sobo Mangunsari, dan Simbah Wali Rohani ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu meneladani para ulama dan salihin. Semoga ilmu yang kita peroleh dari acara ini dapat bermanfaat untuk kehidupan kita di dunia dan akhirat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline