Lihat ke Halaman Asli

Strategi Bermedia Sosial yang Baik

Diperbarui: 4 Januari 2023   22:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media sosial di lingkungan pendidikan sangat penting,apalagi transformasi dari peserta didik di masa pandemi beranjak masa new normal anak di pacu untuk bermain gadget. Hal ini intensitas peserta didik dalam bergadget ria lebih banyak apalagi aplikasi aplikasi yang merujuk pada percakapan di dunia maya sangat lah lebih menarik bagi peserta didik. seringnya bermedia sosial peserta didik lebih asyik untuk mendapat informasi lebih.

beberapa media sosial yang populer digunakan seperti, Facebook, Twitter, Instagram, Line, Whatsapp dan lain-lain.Menurut Sulianta,Feri (2015) karakterististik yang dijumpai pada media sosial yaitu :

  • Transparansi, adalah keterbukaan informasi karena konten media sosial ditunjukkan untuk konsumsi publik untuk sekelompok orang.
  • Dialog dan Komunikasi, ketika ada sebuah komunikasi maka akan terjalin hubungan dan komunikasi interaktif menggunakan ragam fitur. Misalnya media sosial seperti facebook, para penggunanya bisa saling berkomunikasi lewat chat inbox maupun saling memberi komentar pada foto yang terpasang di akun facebook yang muncul di timeline penggunanya.

dari menurut ahli diatas bermedia sosial memang peserta didik lebih banyak informasi yang masuk bagi sekelompok peserta didik secara terbuka baik berkomunikasi lewat chat atau obrolan maupun fiture fiture yang ada di aplikasi gadget.

maka dari hal tersebut kami penulis akan sedikit mengulas tentang manfaat yang baik dengan bermedia sosial antara lain

Menurut Hutahaean (2022) berikut adalah beberapa cara bijak dalam bermedia sosial, yaitu sebagai berikut :

  • Membatasi informasi yang dibagikan, hal ini ketika kita memberikan informasi maka usahakan membatasi informasi yang kurang baik untuk orang lain, dan perlu selektif dalam membagikannya khususnya kepada teman sekelas maupun teman di media sosialnya
  • Hindari mengekspos lokasi pribadi, dalam mengekpose kegiatan sehari hari hindari membagikan lokasi tempat dimana berada untuk menghindari kejahatan
  • Menggunakan bahasa yang santun, berbahasa di media sosial sangatlah penting maka perlu menggunakan bahasa yang santun saat percakapan di media sosial
  • Menghargai privasi orang lain, kepentingan pribadi atau hal privasi milik orang lain hendaknya untuk tidak disebarkan
  • Memperhatikan waktu, aturlah waktu saat bermedia sosial agar bisa membagi kegiatan dengan baik
  • Menyikapi konten dengan bijak, saat ada konten sekiranya memang perlu dicontoh maka contoh lah yang baik bai

berikut sedikit lebihnya pemaparan yang penulis sampaikan,semoga bermanfaat bagi anak didik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline