Lihat ke Halaman Asli

SITI SARASWATI

Mahasiswa Kampus Universitas Pendidikan Indonesia Purwakarta

Desain Kenangan Museum Mini dan Kejadian Tragedi Gunung Merapi

Diperbarui: 17 November 2023   07:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Museum sisa hartaku yang diambi pada 10/11/2023

Museum mini sisa hartaku adalah sebuah museum mini yang banyak sekali kenangan zaman dulu atau tersisanya sisa-sisa harta yang tersimpan yang terkena erupsi Gunung Merapi yang terletak di Yogyakarta pada tahun 2010. Museum mini ini terletak di Dusun Kepung, Desa Kepuharjo, Caringin, Sleman, Yogyakarta. Museum mini ini pada awalnya sebuah rumah yang di tempati oleh pemilik yang bernama Sriyanto.

Museum mini ini terdapat kisah yang unik yang membuka mata kita tentang kehidupan zaman dulu. Yang dimana kisah ini tentang Sriyanto yang mengumpulkan atau menyisakan hartanya di dunia, karena sisanya harta ini yang selamat dari erupsi Gunung Merapi, sehingga isi dan rumah ini menjadi kisah yang disebut Museum Mini Sisa Hartaku, kisahnya ini nyata dan sisa-sisa hartanya pun terwujud ada.

Mahasiswa Kampus UPI Purwakarta mengunjungi ke tempat Museum Mini Sisa Hartaku pada hari Jum'at 10/11/2023, yang di mana tempat ini sangat bersejarah dan tempat yang teristimewa di Yogyakarta, tempatnya pun penuh dengan seni kreatif dari barang bekas peninggalan yang terkena erupsi Gunung Merapi, dan banyak sekali sisa harta dan fasilitas-fasilitas peninggalannya di museum mini ini.

whatsapp-image-2023-11-13-at-23-04-04-655630c2110fce104c392ba2.jpeg

Tempat ini merujuk kepada koleksi barang-barang antik serta barang lainnya. Museum ini merupakan destinasi wisata yang popular di Yogyakarta yang sering dikunjungi oleh parawisatawan, serta menyajikan pengalaman yang menginspirasi untuk semua orang yang tertarik ke dalam seni dan budaya.

Museum ini bukan hanya tempat biasa. Tetapi di dalamnya akan ada menemukan berbagai karya seni dan barang-barang antik bekas peninggalannya, serta replika bangunan bersejarah dalam skala mini. Setiap sudutnya memberikan cerita tentang koleksi barang-barang yang unik dan rusak akibat erupsi Gunung Merapi, yang terdiri dari alat-alat seni, kaset, uang logam, mesin jahit, peralatan rumah tangga, baju bekas, kerangka hewan ternak, kerangka motor, dan foto-foto yang di mana foto tersebut menceritakan terjadinya erupsi Gunung Merapi. Dan ada beberapa ruangan, seperti kamar mandi, kamar tidur, dan dapur. 

whatsapp-image-2023-11-13-at-23-05-39-6556310837cb2a212604bc02.jpeg

Meskipun museum berskala kecil, Museum Mini Sisa Hartaku menetapkan standar tinggi dalam pemeliharaan dan konservasi barang-barangnya. Ini bukan hanya tentang menyimpan barang-barang kuno saja, melainkan untuk mengajak kita untuk menyelami jejak kenangan yang tersimpan dari masa lalu dan memastikan bahwa keindahan dan nilai sejarah setiap detail tetap terjaga.

Museum ini adalah tempat yang menghidupkan kembali kenangan dan menghormati mereka yang terpengaruh oleh erupsi Gunung Merapi. Dengan segala keunikan dan keberaniannya, Museum sisa Hartaku menjadi bagian penting dalam menceritakan kisah seluruh dari suatu tragedi di Yogyakarta.

whatsapp-image-2023-11-15-at-23-50-01-6556315a37cb2a29795cd493.jpeg

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline