Lihat ke Halaman Asli

Siti Ropiah04

mahasiswa

Peran Google Classroom sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sosiologi di Era Pandemi

Diperbarui: 17 Desember 2023   12:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Email : ropiahs372@gmail.com


 Abstrak  

Peran Google Classroom sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Sosiologi di era pandemi COVID-19. Pandemi ini telah mengubah sistem pembelajaran di seluruh dunia, termasuk dalam mata pelajaran sosiologi. Pembatasan fisik seperti penutupan sekolah dan pembatasan sosial mengharuskan siswa dan guru untuk beralih ke pembelajaran jarak jauh. Dalam situasi ini, pengembangan media pembelajaran menjadi sangat penting untuk memastikan kelancaran dan kontinuitas pendidikan. Google Classroom memainkan peran yang penting sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Sosiologi. Google Classroom memungkinkan guru untuk mengatur dan membagikan materi pelajaran kepada siswa secara digital. Melalui platform ini, guru dapat mengunggah materi pelajaran, tugas, dan sumber belajar yang relevan dengan mata pelajaran Sosiologi. Siswa dapat mengakses materi tersebut kapan saja dan di mana saja, sehingga memungkinkan pembelajaran jarak jauh yang fleksibel. Selain itu, Google Classroom juga memfasilitasi interaksi dan diskusi antara guru dan siswa. Guru dapat memberikan arahan, menjawab pertanyaan, dan memberikan umpan balik kepada siswa melalui komentar atau pesan pribadi. Siswa juga dapat berpartisipasi dalam diskusi kelas, berbagi pendapat, atau bertanya kepada guru dan teman sekelas. Penggunaan Google Classroom juga memudahkan guru dalam menilai hasil kerja siswa dan memberikan umpan balik.

Abstract

The role of Google Classroom as a learning medium for Sociology subjects in the era of the COVID-19 pandemic. This pandemic has changed learning systems throughout the world, including sociology subjects. Physical restrictions such as school closures and social restrictions require students and teachers to switch to distance learning. In this situation, the development of learning media becomes very important to ensure the smoothness and continuity of education. Google Classroom plays an important role as a learning medium for Sociology subjects. Google Classroom allows teachers to organize and share learning materials with students digitally. Through this platform, teachers can upload lesson materials, assignments and learning resources that are relevant to the Sociology subject. Students can access the materials anytime and anywhere, enabling flexible distance learning. Apart from that, Google Classroom also facilitates interaction and discussion between teachers and students. Teachers can provide directions, answer questions, and provide feedback to students through comments or private messages. Students can also participate in class discussions, share opinions, or ask questions to teachers and classmates. Using Google Classroom also makes it easier for teachers to assess student work and provide feedback.

Kata Kunci : Google Classroom, Pembelajaran Jarak Jauh, Covid-19

Pendahuluan  

Pandemi COVID-19 telah mengubah sistem pembelajaran di seluruh dunia, termasuk dalam mata pelajaran sosiologi. Pembatasan fisik seperti penutupan sekolah dan pembatasan sosial mengharuskan siswa dan guru untuk beralih ke pembelajaran jarak jauh. Dalam situasi ini, pengembangan media pembelajaran menjadi sangat penting untuk memastikan kelancaran dan kontinuitas pendidikan. Sosiologi adalah mata pelajaran yang memerlukan pemahaman mendalam tentang interaksi sosial dan dinamika masyarakat. Dalam pembelajaran tatap muka, diskusi, permainan peran, dan observasi lapangan menjadi metode yang umum digunakan. Namun, dengan adanya pandemi, pembelajaran tersebut sulit dilakukan secara langsung. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran yang interaktif dapat membantu siswa terlibat dalam pembelajaran dan memahami konsep sosiologi secara lebih baik.  

Selama era pandemi, banyak siswa menghadapi kendala aksesibilitas terhadap pendidikan. Beberapa siswa mungkin tidak memiliki perangkat atau koneksi internet yang cukup untuk mengakses pembelajaran online. Dalam hal ini, pengembangan media pembelajaran yang fleksibel, seperti modul pembelajaran offline, audio, atau video yang dapat diunduh, dapat membantu memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang adil dan setara terhadap pembelajaran sosiologi. Era pandemi telah mempercepat penggunaan teknologi dalam pendidikan. Dalam mata pelajaran sosiologi, penggunaan teknologi seperti video konferensi, platform e-learning, dan media sosial dapat membantu siswa dan guru terhubung secara virtual, berbagi informasi, dan berdiskusi tentang topik-topik sosiologi. Pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan memanfaatkan teknologi ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran sosiologi di era pandemi. Pembelajaran sosiologi di era pandemi juga dapat menjadi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan digital siswa. Mempersiapkan siswa dengan keterampilan digital yang kuat dapat memberikan mereka keunggulan dalam dunia yang semakin terhubung dan digital. Pengembangan media pembelajaran yang memadukan teknologi dengan konsep sosiologi dapat membantu siswa mengasah keterampilan digital mereka sambil memperdalam pemahaman mereka tentang sosiologi.

Pada masa pandemi, Google Classroom memainkan peran yang penting sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Sosiologi. Dalam penelitian dan studi pendahuluan, terlihat bahwa penggunaan Google Classroom telah diimplementasikan dalam pembelajaran Sosiologi di berbagai tingkat pendidikan. Google Classroom memungkinkan guru untuk mengatur dan membagikan materi pelajaran kepada siswa secara digital. Melalui platform ini, guru dapat mengunggah materi pelajaran, tugas, dan sumber belajar yang relevan dengan mata pelajaran Sosiologi. Siswa dapat mengakses materi tersebut kapan saja dan di mana saja, sehingga memungkinkan pembelajaran jarak jauh yang fleksibel. Selain itu, Google Classroom juga memfasilitasi interaksi dan diskusi antara guru dan siswa. Guru dapat memberikan arahan, menjawab pertanyaan, dan memberikan umpan balik kepada siswa melalui komentar atau pesan pribadi Siswa juga dapat berpartisipasi dalam diskusi kelas, berbagi pendapat, atau bertanya kepada guru dan teman sekelas.

Penggunaan Google Classroom juga memudahkan guru dalam menilai hasil kerja siswa dan memberikan umpan balik. Guru dapat memberikan penilaian langsung, memberikan umpan balik tertulis, atau memberikan nilai kepada siswa melalui platform tersebut Hal ini memungkinkan proses penilaian yang efisien dan transparan. Selain itu, Google Classroom juga mendukung kolaborasi antara siswa dalam proyek kelompok. Siswa dapat bekerja sama secara online, berbagi dokumen, atau mengedit bersama menggunakan fitur seperti Google Docs atau Google Slides Hal ini memungkinkan siswa untuk belajar secara kolaboratif meskipun dalam pembelajaran jarak jauh. Dalam konteks pembelajaran Sosiologi, Google Classroom telah digunakan sebagai media pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan. Guru-guru telah memanfaatkan fitur-fitur Google Classroom untuk mengatur, membagikan materi, berinteraksi dengan siswa, dan menilai hasil kerja mereka Penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Sosiologi di era pandemi memungkinkan siswa dan guru untuk tetap terhubung, berinteraksi, dan melanjutkan proses pembelajaran meskipun dalam situasi pembelajaran jarak jauh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline