Pengertian kualitas
Kualitas yaitu satu diantara syarat yang menimbulkan keingginan pembelian dari pelanggan. Produk dinilai berkualitas apabila produk itu bisa mencukupi kehendak dari konsumen (Susanti, 2017).
Jenis kualitas
Menurut Supriyono, pada umumnya terdapat 2 jenis kualitas yang diakui (Wijaya, 2011), yaitu :
Kualitas rancangan (quality of design)
Spesifikasi produk memengaruhi kualitas desain. Dengan kata lain, fungsi produk tidak berubah; satu-satunya perbedaan adalah dalam desain produk. Suatu produk dianggap berkualitas desain tinggi jika memenuhi semua persyaratan fisik atau kinerja yang berlaku. Target pasar yang akan dimasuki organisasi dipilih berdasarkan kualitas desain. Jika pasar telah mengambil keputusan, maka kualitaslah yang akan memenangkan persaingan. Tingkat keseragaman menjadi penting pada titik ini.
Kualitas kesesuaian (quality of conformance)
Sejauh mana suatu produk memenuhi kriteria atau spesifikasi yang berbeda dikenal sebagai kualitas kesesuaian. Ketika suatu produk tidak menyimpang dari spesifikasi yang telah ditetapkan dan dapat memuaskan keinginan pelanggan, maka dianggap memiliki kualitas kesesuaian. Ini memastikan bahwa pelanggan senang dengan produk yang mereka terima. Biaya total yang rendah adalah hasil dari kualitas kesesuaian yang tinggi karena tidak ada lagi biaya yang terkait dengan penggantian barang yang rusak atau rusak. Karena itu, manajemen harus mempertimbangkan tingkat kepatuhan secara serius saat merencanakan dan mengawasi proyek.
Pengertian produk
Produk menurut Kotler dan Amstrong (2005:274) adalah : “A product as anything that can be offered to a market for attention, acquisition, use or consumption and that might satisfy a want or need”. Artinya produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.
Jenis produk